blank

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Chef Hendra Utomo atau yang lebih dikenal dengan nama Chef Hugo, adalah seorang sosok Chef yang lengkap. Sebagai salah satu pendiri dan juga  menjabat sebagai Sekjend dari PCPI (Perkumpulan Chef Profesional Indonesia) Chef Hugo, menyelesaikan studinya di bidang Continental Food Management di NHI-Bali dan memperoleh gelar sarjana pariwisata bidang pariwisata dan gelar master bidang bisnis di Universitas Ciputra Surabaya.

Dunia kuliner di Indonesia sudah terkenal memiliki ragam rasa dan penampilan yang beraneka ragam. Bahkan beberapa makanan nusantara sudah masuk dan diakui sebagai makanan terlezat di dunia. Kondisi geografis Indonesia yang telah membuat negara ini kaya akan berbagai jenis rempah-rempah yang menjadi bahan dasar untuk berbagai ragam kuliner di Indonesia.

Dalam dunia masak memasak, seorang Chef memiliki posisi yang sangat penting, baik itu dalam sebuah hotel berbintang ataupun restoran yang berkelas internasional. Seorang Chef adalah sosok utama dalam sebuah proses produksi makanan.

Dia harus bisa menguasai segala hal tentang makanan mulai dari pembelian dan pemilihan bahan, penyimpanan dan pembuatan makanan sampai pada kreatifitas menu andalan dengan cita rasa yang istimewah yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

Sebagai profesi, seorang Chef tidak hanya sekedar bisa masak makanan yang enak, seorang Chef harus bisa menguasai berbagai macam resep dan berkreasi menciptakan resep baru dengan menggunakan bahan yang ada, baik lokal maupun dari luar negeri.

Saat ini, profesi seorang Chef sudah sangat berkembang, dulunya seorang Chef hanya berada di dalam dapur dan hanya sekali-kali tampil ke publik untuk menemui penikmat makanan buatannya; namun sekarang sudah banyak Chef yang juga public figure dan sekaligus seorang entertainer.

Dengan seiring berkembangnya dan populernya industri kuliner di dunia televisi ataupun media online lainnya, profesi Celebrity Chef menjadi salah satu yang naik daun di dunia hiburan di Indonesia.Dari sekian banyak Chef Profesional yang sekaligus juga seorang public figure.

Chef Hugo memulai perjalanan karir kulinernya di hotel bintang 5, The Ritz Carlton Singapore dan The Ritz Carlton Bali (Ayana Resort) hingga menjadi Executive Chef di Dive Indonesia Resort di usianya yang masih 21 tahun. Chef Hugo juga pernah menjadi Chef di beberapa perusahaan makanan terbesar di Indonesia, seperti Bogasari, Indofood, Finna, Ajinomoto, Agar Agar Sriti, Dimarco, Ranch Market, Kokola biscuit Group dan masih banyak lagi.

Selain berkarir sebagai seorang professional, Chef Hugo juga seorang pengusaha dalam bidang konsultan. restoran yang telah membidani lahirnya banyak restoran dengan konsep unik dan menu yang menarik, seperti De Kasteel, Hare and Hatter, YoHoo, Sowan, dan masih banyak lagi yang lain.

Sosok Chef Hugo , juga merupakan seorang Celebrity Chef  yang sering tampil di berbagai media televisi, seperti program “Suedepe rek” di JTV, program “Koki lima” di Indosiar, program “Foodvaganza” di  B channel, bintang mau dia acara “Dasyat” RCTI, program “Foodvaganza”, program “8-11” di Metro TV, program “Coffeebreak” di TV 1, dan filler di program “Dapur Umami”.

Dalam hal ini, Chef Hugo sempat mendapat julukan sebagai Chefnya para Sultan, karena dedikasinya dalam mengeksplorasi dan mempromosikan kuliner Raja Indonesia melalui serial TV “Dapur Raja”. Dimana dia telah mendapatkan penghargaan Rekor MURI sebagai satu-satunya Chef di Indonesia yang menguasai dan berhasil membuat sajian resep-resep para Raja di Nusantara dengan jumlah terbanyak di Indonesia.

Chef Hugo juga sangat produktif dalam menulis dan menerbitkan beberapa buku kuliner dengan Gramedia dan juga 10 DVD Memasak & Kue. Secara nasional, kemampuan, ketrampilan dan passion dari Chef Hugo juga telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah, dia telah menjadi juri langganan kompetisi Food Start Up Indonesia yang diadakan oleh Bekraf di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Di level internasional, Chef Hugo juga pernah diundang oleh Dato Chef Wan, seorang Chef terbaik di Asia untuk berkolaborasi dalam suatu kegiatan bersama di Malaysia.

Chef Hugo juga mempunyai passion yang tinggi untuk bisa membagikan ilmunya kepada generasi muda, sehingga dia juga tercatat sebagai dosen tetap di Program Studi Pariwisata di Universitas Ciputra Surabaya yang mengajar program kuliner di kampus tersebut.

Sebagai seorang Chef professional , Chef Hugo tidak pernah berhenti untuk  belajar. Saat ini, ditengah-tengah kesibukannya, Chef Hugo sedang mengambil studi doktor dalam bidang pariwisata (S3 Pariwisata) di STP Trisakti Jakarta.

Semangat dan desikasi Chef Hugo untuk pengembangan dunia kuliner di Indonesia semoga bisa menginspirasi banyak generasi muda yang tertarik dalam dunia kuliner di Indonesia. (*)

dikutip dari Times Indonesia

Menu