Webinar dengan topik The New Growth Game of Innovation in F&B Industry  berlangsung secara online pada tanggal 20 September 2022 lalu dengan salah satu pembicaranya adalah dosen Program Studi Tourism-Culinary Business (CBZ), bu Irra Chrisyanti Dewi, yang bersama dengan Rizki Candra Kusuma membagikan beberapa hal yang dibutuhkan dalam persaingan bisnis food & beverage saat ini.

Beberapa yang dibahas mengenai:

  1. menaklukan resistensi karyawan untuk berinovasi (komunikasi, partisipasi, fasilitasi, negosiasi, manipulasi, paksa). Dalam setiap perusahaan, ada karyawan yang sadar dan mau berubah, tetapi ada juga karyawan tertentu yang sulit diajak berubah. Berbagai jenis karyawan ini akan banyak ditemukan dalam perusahaan. Karyawan akan beradaptasi.dengan perubahan yang terjadi sehingga komunikasi, partisipasi serta beberapa hal perlu dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mengahadapi permasalan ini.
  2. kesiapan merangkul inovasi untuk menghadapi tahun 2023. Kondisi ini menjadi hal yang tidak terhindarkan oleh pelaku bisnis makanan dan minuman, seperti yang dikutip dalam Kompas, bulang Agustus 2022 yang menyatakan “Industri makanan dan minuman jelas memperlihatkan pertumbuhan positif meski di masa pandemi. Namun masih menghadapi tantangan, baik internal maupun eksternal, dalam mengembangkan usaha mereka,”
  3. memilih jalur inovasi yang teoat. Inovasi yang dipilih oleh setiap industri khususnya makanan dan minuman akan menentukan bagaimana kesiapan menghadapi persaingan di tahun 2023. Inovasi yang dipilih tentunya yang sesuai dengan respon dan reaksi pasar.
  4. memenangkan pasar dengan analsisi pasar digital. Digital mau tidak mau menjadi hal yang harus digunakan untuk menghadapi persaingan mengingat banyak aspek atau banyak bisnis yang sudah mulai menggunakan dan terbiasa dengan digitalisasi belakangan ini.
  5. pertumbuhan konsisten dan komitmen pada strategi inovasi yang baru, tumbuhnya inovasi memicu banyaknya bisnis makanan dan minuman terus tumbuh, sehingga membuat pertumbuhan industri ini secara konisten dan berkomitmen pada strategi inovasi yang berkelanjutan.
  6. membuat roadmap business agar inovasi, strategi, pertumbuhan yang dilakukan dapat secara berkelanjutan dilakukan.