Rumah Makan Pondok Padi yang semester ini dijumpai di UC Restaurant merupakan sebuah project besar hasil kerja keras mahasiswa-mahasiswi Culinary Business 2013 yang terbagi menjadi dua kelas. Restoran ini dibuat dalam rangka mata pelajaran Restaurant and Catering Innovation dan setiap restoran berjalan selama enam minggu. Proyek restoran buka setiap hari Rabu, Kamis, dan Jumat dari Pukul 09.00 WIB-Pukul 15.00 WIB. Pondok Padi dibuka sejak tanggal 24 Februari 2016 hingga 1 April 2016.

Pondok Padi

Membuka restoran bukanlah suatu hal yang mudah. Para mahasiswa-mahasiswi angkatan 2013 ini harus menjalani berbagai proses terlebih dahulu mulai dari membuat susunan kepengurusan restoran, konsep restoran, konsep menu, konsep desain restoran, marketing plan, food testing, dan masih banyak lagi proses lainnya.

PONDOK PADI (4)

Pondok Padi merupakan restoran berkonsep Indonesia yang memiliki menu andalan Nasi Bakar Iga Panggang dan Nasi Bakar Cumi Hitam. Terdapat menu Indonesia lainnya yaitu Babat Gongso, Ayam Goreng Lengkuas, Kentang Kriuk, gorengan seperti Ote-Ote, Mendoan, Tahu Krispi dan masakan Indonesia serta jajanan pasar lainnya seperti Terang Bulan, Singkong Legenda, Bubur Mutiara, Kue Lumpur, Es Mambo, dll.

Para server mengenakan seragam batik dan restoran dihias dengan hiasan seperti daun kelapa, ranting pohon, taplak batik, lumbung, dan lain-lain. Beberapa perlengkapan seperti mangkok dibeli khusus untuk menciptakan image tradisional yang kental. Pondok Padi menggunakan berbagai cara untuk melakukan marketing restoran mereka entah itu membagikan kipas yang dapat digunakan untuk mendapatkan diskon, bagi-bagi voucher Pipe & Barrel, membuat kontes makan Ayam Geprek Super Pedas hanya dalam waktu 10 menit, dan masih banyak lainnya.

Produk Pondok Padi

Dalam menjalankan restoran ini para mahasiswa dibagi menjadi beberapa bagian seperti hot kitchen, pastry, beverage, dan service. Setiap dua minggu sekali para mahasiswa melakukan rolling sehingga setiap mahasiswa mendapat kesempatan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang berbeda.

Setiap minggunya terdapat juga challenge dari para dosen untuk kedua kelompok ini, ada challenge yang harus mencari 12 juta dalam waktu 2 hari, berjualan keliling UC, menjual minuman beralkohol, pre-order, dan masih banyak lagi challenge-challenge lainnya. Kedua restoran ini juga mendapat tugas menyiapkan makanan untuk catering S2 setiap hari Sabtu.