Pada hari Sabtu, 4 Oktober 2014, Himpunan Mahasiswa Culinary Business menyelenggarakan sebuah lomba masak untuk siswa SMA bernama Cooking Relay. Acara ini dilaksanakan sebagai wadah untuk siswa SMA se-Surabaya untuk menyalurkan passion di bidang kuliner dengan berlomba membuat masakan terbaik secara estafet. Acara yang sempat diliput oleh tim Jawa Pos ini bisa dikatakan mendapat antusias yang tinggi oleh masyarakat. Itu bisa dilihat dari jumlah peserta yang ikut pada acara ini, yaitu 29 tim dengan masing-masing tim beranggotakan 3 orang.

Cooking Relay Participant-2

Lomba ini memiliki 3 kategori perlombaan, yaitu Seafood (makanan laut), Poultry (unggas), dan Meat (daging). Keunikan Cooking Relay yang membuat berbeda dengan lomba masak pada umumnya adalah setiap tim harus membuat masakannya secara bergantian atau memasak estafet. Setiap peserta akan diberi waktu 15 menit untuk memasak, lalu pada 15 menit berikutnya, anggota lain akan menggantikan, dan begitulah seterusnya sehingga kerjasama dan kekompakan  tim yang baik sangatlah dibutuhkan untuk memenangkan lomba ini. Para peserta diberi waktu selama 90 menit untuk menyelesaikan masakan masing-masing tim. Setelah selesai memasak, setiap tim diberikan waktu untuk plating atau menata makanan di piring saji lalu mempresentasikan makanan yang telah dibuat di depan para juri.

Cooking Relay Participant-1

Juri dari acara Cooking Relay ini adalah dosen dari Culinary Business Department Universitas Ciputra yang memiliki pengalaman di dunia kuliner, mulai dari konsep makanan, rasa, dan sisi bisnisnya juga. Penilaian dilakukan dari banyak aspek, mulai dari sisi proses pembuatan, teamwork, time management, rasa makanan, penampilan makanan, hingga sanitasi tempat setiap tim bekerja.

Cooking Relay-2

Pada acara Cooking Relay 2014 ini, juara 1 kategori Seafood diperoleh oleh SMK Mater Amabilis dengan nama tim “Elle”. Kemudian, juara 1 kategori Poultry diperoleh oleh SMA Kristen Petra 3 dengan nama tim “Vas Patatine”. Sedangkan, juara 1 kategori Meat diperoleh oleh SMA St. Louis 1 dengan nama tim “Chocoblast”.

Cooking Relay-1

Cooking Relay - All Participant & Committee

[written by: Felix SeptianAngkatan 2012]