Memasuki minggu ketiga perkuliahan, mata kuliah Metodologi Penelitian masuk ke topik bahasan “bagaimana menemukan masalah untuk diteliti” atau bagaimana mencari RESEARCH PROBLEM. Para mahasiswa diajak untuk bisa terjun langsung ke lapangan, mengalami dan mengamati berbagai hal yang berhubungan dengan food and beverage. Mahasiswa diminta menjadi seorang EXPLORER, dengan diminta melakukan 3 (tiga) D.E.O Activity:
- Jelahi (EXPLORATION) suasana “PAKUWON MALL“ Surabaya.
- Amati (OBSERVATION) AKTIVITAS JUAL – BELI, MACAM PRODUK, CARA JUAL – DISPLAY ATAU AKTIVITAS MAKAN, PRODUK YANG DIBELI, SIAPA YANG BELI
- Temukan (DISCOVERY):
-
- Keunikan AKTIVITAS JUAL – BELI (minimal 3 keunikan)
mahasiswa dapat menemukan aktivitas jual beli yang ditemukan, baik dengan pengamatan maupun sebagai pembeli langsung . Aktivitas penjual yang menawarkan produk yang berbeda ataupun yang serupa namun tetap ada yang berbeda dapat diobservasi oleh mahasiswa. Demikian pula pengamatan bisa dilakukan dari sisi pembeli dengan mengamati pola konsumsi, frekuensi pembelian dan sejenisnya.
- Keunikan AKTIVITAS JUAL – BELI (minimal 3 keunikan)
- Keunikan MACAM PRODUK (minimal 3 keunikan).
Mahasiswa dapat mengamati produk serupa dari beberapa tempat atau brand dengan melihat varian, jenis atau hal lainnya yang dapat diamati bagi sebagai penjual maupun pembeli (konsumen).
- Keunikan MACAM PRODUK (minimal 3 keunikan).
- CARA JUAL – DISPLAY yang SAMA atau pun BERBEDA (minimal 3 keunikan)
Mahasiswa dapat pula melakukan pengataman bagaimana display atau cara jual yang selalu menjadi pembeda brand satu dengan brand lainnya. Keunikan maupun kesamaan ini yang dapat diamati oleh mahasiswa.
- CARA JUAL – DISPLAY yang SAMA atau pun BERBEDA (minimal 3 keunikan)
ATAU
-
- Keunikan AKTIVITAS MAKAN (minimal 3 keunikan)
Mahasiswa selaku konsumen dapat pula mengamati bagaimana aktivitas makan atau sharing beberapa kelompok konsumen untuk diamati.
- Keunikan AKTIVITAS MAKAN (minimal 3 keunikan)
- .Keunikan PRODUK YANG DIBELI (minimal 3 keunikan)
-
- SIAPA YANG BELI (minimal 3 keunikan)
Mahasiswa selaku konsumen dapat pula mengamati bagaimana aktivitas makan atau sharing beberapa kelompok konsumen untuk diamati.
- SIAPA YANG BELI (minimal 3 keunikan)
Tujuan dari eksplorasi ini adalah mahasiswa melatih kemampuan dirinya untuk mengamati, terjun langsung dan mengalami sendiri apa keunikan (bisa persamaan dan perbedaan) dari bisnis sejenis atau bisnis food and beverage yang ada yang tentunya memiliki celah untuk bisa diangkat sebagai RESEARCH PROBLEM guna nantinya dapat diteruskan sebagai latar belakang, BAB 1 dan bisa diteruskan sebagai proposal Tugas Akhir.