Culinary Business Cooking Competition

Culinary Business Cooking Competition

Student Union Culinary Business mengadakan lomba Cooking Competition yang diikuti oleh 31 team dari berbagai macam sekolah di Surabaya dan sekitarnya. Lomba ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 16 – 17 September 2017 di Universitas Ciputra. Pada hari pertama di adakan sesi penyisihan, dimana ke-31 team tersebut di bagi kedalam 3 sesi. Pada babak penyisihan ini seluruh peserta di tantang untuk membuat Main Course dan Appetizer dengan bahan dasar dada ayam fillet dalam waktu 90 menit.

Dalam satu sesi ada 12 team yang bertanding untuk merebut posisi 4 besar. Hari pertama berakhir dan menyisakan 12 team yang akan bertanding kembali di hari kedua.

Hari Kedua diisi oleh babak semi-final dan final. Pada babak semi-final ke-12 team di beri challenge untuk mengolah ikan gurame hidup. Ekspresi terkejut terlihat di wajah para peserta setelah melihat ikan gurame hidup di sink masing-masing station. Selain berlomba, peserta juga diberikan edukasi terlebih dahulu pertama-tama tentang bagaimana cara menangani ikan gurame hidup tersebut untuk dapat di olah. Demo mengenai bagaimana cara menangani ikan gurame hidup di berikan oleh Bapak Hari Minantyo, setelah demo berakhir setiap peserta kembali ke station masing-masing dan bersiap untuk mengolah ikan gurame hidup tersebut.

Pada sesi kedua ini, peserta di tantang untuk mengolah ikan gurame menjadi masakan bertema Chinese Food dalam waktu 90 menit. Keseruan peserta menangani ikan gurame hidup sangat terlihat, terdengar suara teriakan peserta saat menangani ikan gurame hidup. Babak semi-final berakhir menyisakan 5 team yang akan melanjutkan perjuangannya untuk merebut gelar juara di babak final. Kelima team tersebut adalah Ex Unsur dari SMKK Mater Amabilis, Cyduxs dari SMKK Mater Amabilis, Dachello dari SMKK Mater Amabilis,EZ Mid dari SMAK Petra 1, dan Dom Perignon dari SMA Gloria 2. Pada babak final peserta menghadapi mystery box, di mana bahan dasar yang mereka olah harus bertema fusion. Mereka yang masuk ke babak final telah di berikan sebuah apron official dari acara Culinary Business Cooking Competition ini. Kelompok pertama EX Unsur mendapat bahan dasar bunga kecombrang, pasta, dan daging sapi. Kelompok kedua EZ Mid mendapat bahan dasar cumi-cumi, buncis, dan ubi. Kelompok ketiga Cyduxs mendapat bahan dasar ikan kakap merah, nasi jagung, dan terong. Kelompok keempat Dachello mendapat bahan dasar daging kambing, kentang, dan tomat. Kelompok terakhir Dom Perignon mendapat bahan dasar sayap ayam, brokoli, dan beras ketan.

Pada babak final ini mereka di tuntut untuk berkreasi semenarik mungkin untuk menciptakan perpaduan cita rasa yang fantastis dalam waktu 100 menit. Tak terasa waktu berjalan begitu cepat sehingga waktu pertandingan pun telah usai, satu persatu peserta menjelaskan konsep fusion dari setiap hidangan yang mereka buat. Lomba berakhir di hari kedua dan juara pertama dimenangkan oleh Fran David dan Michael Marcello dari kelompok Dachello asal SMKK Mater Amabilis, juara kedua direbut oleh Dewi Suciani Puspita Sari dan Monica Rona Putri Anindya dari kelompok Cyduxs asal SMKK Mater Amabilis, dan juara ketiga diraih oleh Alexandro Kevin dan Gregorius Marcellino dari EX Unsur asal SMKK Mater Amabilis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *