Baking with The Loved One: Resep Rahasianya Adalah KASIH SAYANG

Baking with The Loved One: Resep Rahasianya Adalah KASIH SAYANG

“The secret ingredient is always love”, begitulah ungkapan yang menjadi slogan utama workshop hands-on berjudul “Baking with the Loved One” ini. Hari Sabtu, 9 Maret 2018, para calon Himpunan Mahasiswa (HIMA) Culinary Business (CBz) – atau yang lebih akrab disebut Student Union (SU) CBz, menyelenggarakan workshop hands-on sebagai syarat penerimaan anggota HIMA CBz periode 2018/2019. Workshop Baking With The Loved One yang bekerjasama dengan Poenya Nyonya Anina, Arvian, Rose Brand Kuliner, Direct Printing, Event Surabaya, dan Executive Production ini bertujuan untuk memberikan pengajaran kepada para peserta untuk membuat 2 jenis menu, yaitu Stuffed Strudel dan Birthday Cake. Acara yang bisa diikuti oleh tim yang berisikan 2 orang ini diselenggarakan di laboratorium Kitchen Studio CBz, Universitas Ciputra. Target tidak hanya dibatas untuk pasangan kekasih saja, melainkan semua orang yang saling menyayangi satu sama lain bisa mengikuti workshop ini sebagai sebuah tim, seperti ibu dan anak, tetangga, teman dekat dan sahabat, dan lain-lain.

Workshop kali ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama adalah sesi membuat Stuffed Strudel, sedangkan sesi kedua adalah sesi membuat Birthday Cake Decoration. Batch I dibuka dengan sambutan dan pembacaan peraturan singkat oleh MC dari salah dua Calon HIMA periode 2018/2019, yaitu Timothy dan Ivana. Kemudian, para peserta Baking With The Loved One langsung dipersilakan masuk menuju Laboratorium Kitchen CBz ruangan 107. Setelah 13 tim sudah menempati station-nya, acara sesi pertama ini dimulai dengan pengenalan Guest Chef Eko Maduretno, lalu Workshop dipimpin oleh Chef Eko dengan dampingan dari Lydia Nafarin, sebagai demo assistantnya.

 

Acara berjalan dengan sangat menggembirakan karena Guest Chef Eko Maduretno yang memimpin workshop dengan humoris dan ceria. Hands-on dimulai dari proses pencampuran bahan-bahan, hingga memanggang strudel di oven yang didampingi oleh para LO yang berada di setiap station peserta workshop Baking With The Loved one. Chef Eko pun juga memilih untuk  berkeliling dan mendampingi para peserta secara lebih instan, dibandingkan hanya memimpin demo di depan saja. Chef Eko pun menugaskan Lydia sebagai demo assistantnya untuk mempraktekkannya langsung.

Setelah para peserta telah memasukkan strudel di dalam oven, para peserta diberikan lembar evaluasi untuk menilai kinerja panitia dan Workshop Baking With The Loved one ini. dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Setelah proses memanggang selesai, Chef Eko memberikan waktu sebentar bagi peserta untuk memfoto hasil karya mereka. Setelah semua tim menerima hasil karyanya, Chef Eko pun berkeliling untuk menilai hasil karya setiap tim dan menentukan penerima penghargaan Best Strudel dan Most Enthusiastic.

 

Sedangkan pada sesi kedua, peserta sejumlah 26 orang (13 tim) membuat birthday cake beserta dengan dekorasinya. Chef Eko mengajarkan dengan detail cara membuat dekorasi dengan buttercream dan juga fondant icing. Bentuk yang diajarkan antara lain: daun, mawar, pagar, dan masih banyak lagi. Pada sesi kedua ini, peserta lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan kreativitasnya dengan jatah buttercream dan fondant icing yang sudah diberikan kepada setiap tim. Mereka juga banyak memvariasikan dekorasi birthday cake nya dengan variasi warna yang berbeda-beda.

Secara keseluruhan, alur workshop sesi pertama dan sesi kedua adalah sama. Workshop berjudul “Baking with the Loved One” yang diadakan kali ini benar-benar memperhatikan komposisi acaranya dengan sangat detil. Tak hanya susunan acaranya saja yang benar-benar dipersiapakan, tetapi para calon HIMA juga memikirkan apa keuntungan yang bisa didapatkan para peserta dengan harga tiket yang sudah mereka bayar. Peserta dipersilakan pulang melalui pintu keluar setelah membawa goodie bag berisi voucher discount untuk makan di Poenya Nyonya Anina,  apron, lunch box beserta air mineral, sertifikat, dan juga cake yang sudah mereka buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.