Lastest News

CBZ On Instagram

Culinary Business Program  memadukan multidisiplin ilmu yang ada, yang fokus pada menemukan peluang bisnis, inovasi, kreativitas dan kemampuan entrepreneurial untuk terciptanya Culinary Entrepreneurs.

  • Bukan sekedar sekolah masak, melainkan mengajarkan implementasi konsep, kreativitas dan bisnis di bidang kuliner

  • Metoda pembelajaran yang mengacu kepada menemukenali masalah, menemukan peluang serta mengembangkan peluang

  • Metoda pembelajaran dengan berbekal real projects yang berdasarkan pada real problems

  • Mahasiswa diperkaya dengan kemampuan dan keterampilan di bidang kuliner seperti basic knowledge,arts and management, healthy products serta industry trends.

  • Mahasiswa diperkaya dengan metoda DEO (Discovery-penemuan, Exploration-eksplorasi, Observation-pengamatan)

Visi

Menjadikan Culinary Business Program mampu menghasilkan lulusan dengan kemampuan entrepreneurship dan bisnis berkelas dunia yang berkarakter dan mampu memberikan dampak positif yang besar bagi bangsa.

Misi

  1. Untuk membentuk lulusan yang mempunyai pola pikir dan semangat entrepreneur.

  2. Untuk memberikan dukungan terbentuknya lulusan yang berkarakter.

  3. Untuk memberikan dukungan terbangunnya semangat entrepreneurship.

  4. Untuk membangun lulusan yang mempunyai keahlian-keahlian untuk menjadi profesional dan entrepreneur di bidangnya.

  5. Untuk mengelola penelitian-penelitian yang mampu meningkatkan kompetensi akademik dan entrepreneurship

  6. Mendorong terbangunnya rasa tanggung jawab sosial di Culinary Business Program

 

Tujuan

  1. Mengembangkan pariwisata sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan khususnya di bidang kuliner.

  2. Menjawab kebutuhan dan kecenderungan pasar khususnya industri di bidang kuliner yang terus berkembang secara kreatif dan inovatif

  3. Menyiapkan lulusan untuk dapat memasuki dunia bisnis kuliner (makanan) dalam kapasitas sebagai profesional maupun melakukan bisnis sendiri (entrepreneurs)

Tahun pertama: Mahasiswa akan dikenalkan pada profesionalisme dan etika serta pengetahuan dasar dalam bidang kuliner.

Semester 1 – Mata Kuliah Pariwisata, Bahasa Inggris, Food & Beverage (Basic Baking & Beverage)

Semester 2 – Mata Kuliah Pariwisata, Bisnis Hospitaliti (Basic Cooking), Food Service (Basic Service)

Tahun kedua: Mahasiswa dikenalkan dan diajarkan mengenai inovasi dalam bidang kuliner yang ditunjang dengan mata kuliah bisnis yang sesuai.

Semester 3 – Mata Kuliah Bisnis, Manajemen Inovasi Hospitaliti

Semester 4 – MICE, Managing Hospitality in Global Context, Mata Kuliah Pilihan

Tahun ketiga: Mahasiswa dihadapkan pada tantangan produk yang memiliki nilai art dan tantangan industri makanan yang sedang tren.

Semester 5 – Industri Hospitaliti (Beverage Art, Pastry Art, Cuisine Art), Cafe & Restaurant Business

Semester 6 – Tourism & Hospitality Business, Tourism Practice (F&B Business Creation)

Tahun keempat: Mahasiswa sudah siap untuk memulai dan mengembangkan bisnis.

Semester 7 – Internship (Running Business, Product Creation, Family Business, Industrial Placement)

Semester 8 – Tugas Akhir

Daily Uniform

  1. Mahasiswa menggunakan seragam yang telah di tentukan dengan baik dan benar pada saat berada didalam wilayah Universitas Ciputra
  2. Dalam dunia hospitaliti dan kulinari, higienitas, sanitasi, performa juga sikap dan perilaku sangat diutamakan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  • Pria dan wanita rambut normal dan sewajarnya
  • Kuku pendek
  • Jika bertato dan body-piercing tidak boleh terlihat

Kitchen Uniform

Seragam lengkap sesuai ketentuan sebelum masuk laboratorium adalah:

  • Seragam lengkap (Baju dapur berwarna merah, celana, apron)
  • Topi
  • Aksesoris, perhiasan dan handphone tidak digunakan selama beraktivitas.

Practical Activities

TOP