Cara Menghadapi Konsumen dalam Bisnis Anda

Cara Menghadapi Konsumen dalam Bisnis Anda

Untuk menjadi seorang entrepreneur  memang diperlukan modal dan keahlian khusus untuk dimiliki. Membangun dan menjalankan bisnis agar menjadi bisnis yang sukses tidak hanya terpaku pada seberapa baik produk atau jasa yang ditawarkan. Faktor penting lainnya yang turut mempengaruhi kepuasan konsumen akan produk atau jasa dari bisnis kita adalah customer handling.

IMG_7069 IMG_7071

Dalam dunia bisnis, konsumen diibaratkan sebagai raja yang harus kita puaskan. Walaupun bisnis kita memiliki produk yang baik ataupun harga yang bersaing, apabila kita gagal menangani keluhan konsumen maka bisnis kita pun tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk itulah, Universitas Ciputra (UC) membuka entrepreneurship seminar yang berjudul Handling Customer Complaint untuk mengajarkan kepada para mahasiswa tips dan trik menghadapi keluhan konsumen. Narasumber dari entrepreneurship seminar ini tidak lain adalah Dr. Sandy Wahyudi, M.M.,M.A. yang merupakan Business Development Director dari SLC MARKETING ,INC.

IMG_7079 IMG_7082

Melalui seminar yang berdurasi selama kurang lebih tiga jam ini, para mahasiswa diajarkan cara-cara menghadapi konsumen. Sandy bahkan memberikan satu formula yang dapat diterapkan mahasiswa dalam menghadapi keluhan konsumen selama berbisnis. Formula tersebut adalah DAMN.. I AM GOOD. DAMN disini merupakan singkatan dari Dengarkan, Akui, Maaf, Ngasi solusi. Dengan mengucapkan DAMN.. I AM GOOD dalam hati, para mahasiswa dapat mengingat kembali hal-hal apa yang harus mereka lakukan ketika menerima keluhan dari pelanggan. Dengarkan terlebih dahulu permasalahan yang dikeluhkan, akui lalu memohon maaf atas kesalahan tersebut baru setelah itu kita dapat menciptakan solusi yang dapat menjadi jalan keluar dari permasalahan tersebut.