Cara Mendapatkan Ide Jualan Yang Mudah

Ingin buka usaha dagang tapi tidak ada ide barang apa untuk dijual? Butuh inspirasi untuk hal ini? Bagi Anda yang sedang cari ide jualan yang mudah tapi peluang suksesnya tinggi, artikel ini akan membantu Anda.

Berikut adalah list ide dagang yang bisa Anda gunakan sebagai landasan cari ide. Cara ini tentu bisa disesuaikan dengan kondisi dan juga passion Anda. Mari lihat bahasannya di bawah ini!

Cara Mendapatkan Ide Jualan Yang Mudah

Baca – Baca Data Market Research dan Lakukan Penelitian Pasar

Untuk memanfaatkan kesempatan di pasar dan potensi untung, Anda harus sering baca market research. Hal ini biasanya dipublish di berbagai badan akademisi dan research sebagai paper. Paper terkadang harus berbayar, tapi keuntungan yang di dapat bisa bagus bagi para pengusaha.

Market research juga bisa request. Anda bisa bayar pihak peneliti untuk melakukan survey dan penelitian. Nanti survey yang dilakukan bisa tentang produk yang ingin Anda jual. Contoh saja Anda pengusaha kuliner yang mencari produk makanan baru.

Anda sebenarnya ada gambaran ingin jual apa tapi tidak mantap. Anda ingin jual produk variant es krim rasa manisan daerah. Menggunakan market research, Anda bisa dapat data interest para calon pelanggan tentang produk seperti itu.

Research Soal Trend

Menggunakan trend untuk ide – ide dagang juga baik. Ide jualan pakaian Muslim misalnya akan datangkan banyak keuntungan jika mendekati bulan Ramadan. Memanfaatkan trend seperti ini memastikan Anda bisa mendapat untung dari demand besar trend tersebut.

Anda juga bisa cari ide dan inspirasi dari trend di luar negeri. Semisal suatu barang luar negeri belum booming di Indonesia, bisa jadi karena belum ada orang memperkenalkan barang itu. Jika Anda bisa jadi pertama yang memulai, keuntungan yang di dapat akan jauh lebih banyak daripada ikuti trend saat sudah boom.

Masuk Ke Pasar Niche yang Punya Potensi

Banyak orang yang ingin sukses pasti mengincar pasar besar. Tapi Anda bisa akses sukses ini dengan cara lain. Untuk jualan, Anda bisa coba mencari hal – hal niche yang memiliki potensi berkembang. Contoh saja dalam hal barang – barang hobi.

Dulu model replika plastik seperti kapal perang, tank, kereta dan pesawat bisa dibilang niche prospeknya. Tapi sekarang model replika juga mulai terpengaruh dengan pop culture. Anda bisa lihat model replika robot Gundam dari anime makin besar popularitasnya.

Market niche seperti ini memiliki potensi lebih besar kedepannya. Mengingat pop culture seperti anime, manga, comic dan hiburan modern makin besar sekarang. Jika bisa terjun lebih dahulu, Anda berkesempatan menguasai pasar.

Jadi semisal belum ada penjual lain di daerah Anda, jualan hal seperti ini memastikan Anda bisa monopoli di area tersebut. Karena hal ini niche, kemungkinan orang belum ambil ide ini. Tentu teknik seperti ini juga bekerja untuk hal niche lainnya. Anda cukup cari yang memiliki potensi besar 1 atau 2 tahun ke depan.

Coba Buat Modifikasi Unik Untuk Produk Populer

Terkadang untuk mendapatkan ide yang bagus, Anda tidak harus buat dari nol. Berbagai hal yang dijual sekarang merupakan modifikasi dari pendahulu. Contoh saja burger. Jajanan ala Amerika ini sudah banyak dinikmati dan dikenal.

Bagi Anda yang ingin usaha kuliner, mengapa tidak modifikasi burger standar menjadi lebih unik? Contoh saja mengubah saus yang digunakan. Misal saus Anda lebih ala Indonesia, jadi ada saus rendang, saus kacang, saus geprek dan lain – lain. Hanya dengan mengubah ini saja, Anda bisa punya produk yang lebih mengundang.

Selama menggunakan cara – cara di atas, ide jualan bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda. Ide ini juga bisa lebih original dan membantu buka jalan sukses.

Artikel lain
Menu