Calon Pengusaha Muda, Lakukan 6 Tips ini Sebelum Memulai Bisnismu

blank

Kita tahu bahwa untuk menjadi seorang yang sukses dan kaya raya tentunya perlu melalui banyak tahapan, rintangan, dan proses yang tidak instan. Sekarang banyak sekali pengusaha muda yang memulai bisnisnya, bahkan tak sedikit dari mereka menjadi pengusaha muda yang sukses.

Jika kamu ingin menjadi pengusaha muda, kamu perlu belajar dari orang-orang hebat. Tips apa aja sih yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan dalam memulai bisnis?

  1. Diri sendiri

Mengapa diri sendiri? Sebab motivasi terbesar dalam hidup adalah diri sendiri. Percayalah pada kemampuan dirimu sendiri jika kamu bisa.

  1. Pilih bisnis yang kamu sukai

Pilihlah bisnis yang membuatmu senang dan tidak mudah bosan. Jika kamu merasa bosan dengan bisnismu, maka kamu tidak bisa mencapai tujuan dengan maksimal.

  1. Berani ambil resiko

Karena untuk menjadi sukses tidak bisa dengan instan, pasti merasakan apa itu kegagalan. Dan jangan takut untuk memulai sesuatu.

  1. Memiliki visi misi yang jelas

Apa yang kamu lakukan pasti harus punya tujuan/target untuk kamu capai, agar bisnis kamu dapat berjalan dengan baik.

  1. Temukan orang orang baik

Buat tim yang hebat agar dapat membantumu menjalankan bisnismu.

  1. Buat inovasi

Lakukan perubahan yang membuat orang orang tertarik dengan bisnismu, jangan mudah terpengaruh dengan kesuksesan orang lain. Sebab, kesuksesan orang berbeda beda.

Menjadi pengusaha yang sukses perlu mempunyai tujuan yang jelas, agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Tentunya tak hanya finansial saja yang diperlukan dalam tercapainya target dalam sebuah bisnis. Akan tetapi mental dan emosi juga sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan bisnis. Diperlukan rasa sabar yang cukup serta ketekunan, dan keuletan dalam bekerja.

Dalam berbisnis ada baiknya mempunyai seorang mentor/guru yang dapat mengajarimu perihal bisnis. Akan tetapi, tanpa mentor pun kamu juga bisa belajar dari pengalaman orang sekitar. Nah kita sesama anak muda yang tinggal di Negara Indonesia, harus bisa termotivasi oleh pengusaha muda Indonesia. Siapa aja sih? Yuk kita lihat! 

  1. James Prananto – co Founder Kopi Kenangan

James adalah salah seorang pengusaha di Indonesia yang sukses. Beliau mempunyai usaha yaitu kopi kekinian sejak tahun 2017, yang diberi nama Kopi Kenangan. Dengan memiliki rasa yang khas dibandingkan rasa kopi pada umumnya, kopi kenangan memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi anak anak muda sekarang. Tak heran jika sudah terdapat 83 gerai Kopi Kenangan yang tersebar di Indonesia.

  1. Muhammad Alfatih Timur – Kitabisa.com

Muhammad adalah pencetus website kitabisa.com, dimana website tersebut digunakan untuk galang dana (crowdfunding) sosial kemanusiaan. Sudah banyak masyarakat Indonesia terbantu dengan adanya website tersebut. Beliau menjadi pengusaha muda sukses di usianya kurang dari 30 tahun. Keren sekali bukan!

  1. Ali Muharam – Makaroni Ngehe

Kalian pecinta pedas pasti tidak asing dengan cemilan satu ini, yap Makaroni Ngehe. Ali Muharam adalah pengusaha muda yang mempunyai bisnis kuliner, yakni Makaroni Ngehe. Ali memulai bisnisnya dengan meminjam temannya sebagai modal sebesar 20 juta. Berawal dari berjualan berkeliling menggunakan gerobak, bahkan bisnis Ali bisa sukses dan mampu meraih omzet sampai 3 milyar.

Tak sedikit juga pengusaha muda sukses dari nol, memulai bisnis menggunakan modal nol rupiah. Modal tidak sepenuhnya menjamin kesuksesan bisnis. Akan tetapi strategi finansial dan perencanaan pemasaran produklah yang perlu digaris bawahi.

Menu