Business Communication in Digital Era

Business Communication in Digital Era

Pada Jum’at, 23 Oktober 2015 di Universitas Ciputra telah diselenggarakan sebuah acara seminar yang sangat inspiratif dengan tema “Business Communication in Digital Era” dengan guest speaker yaitu Marga De Quelyu. Marga adalah seorang lecturer serta founder of People Gold Asset of Consulting, Digital Communication Practitioner. Seminar ini dilaksanakan dengan bertempat di Kampus Universitas Ciputra atas prakarsa dari jurusan International Business Management Marketing Communication.

IMG_3166Di dalam seminarnya, Marga menyampaikan sedikit banyak mengenai komunikasi dalam bisnis. Menurutnya, kejujuran merupakan kunci sukses untuk bisnis. Marga menyampaikan isi seminarnya secara cukup jelas karena selain sebagai seorang motivator, Marga juga mengusai dengan baik pengetahuan tentang digital marketing. Salah satu hal yang disampaikan adalah mengenai teori kejujuran dalam berbisnis, Marga mengambil contoh dari bisnisnya sendiri yaitu bisnis online. Tentu saja untuk menunjang bisnisnya ini, Marga memerlukan strategi digital marketing yang tepat dan dapat menghasilkan keuntungan. Dalam digital marketing tersebut, produk atau alat terpenting yang dibutuhkan adalah handphone. Melalui alat komunikasi yang satu ini, seluruh aktifitas digital marketing dapat terjadi dan dijalankan. Sehingga handphone merupakan alat yang sangat penting untuk mendukung teknik online marketing. Melalui handphone-handphone yang dimilikinya, Marga telah berhasil menghasilkan banyak keuntungan dan pemasukan dari sisi materi.

Di dalam dunia digital marketing, hal penting yang diperlukan dalam hal jual beli kepada konsumen adalah kepercayaan. Sedangkan untuk menciptakan kepercayaan, langkah awal yang dibutuhkan adalah kejujuran. Kepercayaan ini diperlukan konsumen karena pembelian dilakukan melalui online sehingga calon pembeli merasa perlu mempercayai toko atau online shop tersebut sebelum melakukan transaksi dan mengirimkan / transfer sejumlah uang untuk pembelian suatu produk. Pembeli perlu percaya bahwa ketika mereka telah selesai mengirimkan uang, barang yang dibeli akan benar-benar dikirimkan ke alamat mereka. Sedangkan media untuk digital marketing sendiri kita ketahui cukup banyak, sebut saja facebook, instagram, twitter maupun website. Semua memungkinkan untuk berbisnis dalam hal digital marketing.

Selain itu, untuk membangun kepercayaan konsumen ini diperlukan kejujuran. Kejujuran sistem penjualan yang dilakukan oleh online shop akan membuat kepercayaan konsumen kepada online shop kita bertambah. Kejujuran ini bisa didapatkan melalui kebenaran yang disampaikan kepada konsumen. Kebenaran ini misalnya dalam hal klasifikasi produk yang dijual, cara pengiriman, dan lain sebagainya. Dengan kepercayaan tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan loyal consumer serta konsumen akan melakukan repeat order bahkan mengajak calon pembeli potensial yang lain untuk ikut membeli produk di online shop tersebut jika service yang diberikan oleh online shop tersebut cukup baik.

IMG_3189Marga menyampaikan bahwa every business start small.  Jadi, tidak masalah jika memulai bisnis hanya dengan bermodal kecil yaitu hanya dengan handphone dan menggunakan metode penjualan hanya melalui online dan media sosial. Buktinya jika sukses, hanya dengan modal yang minimalis namun dapat memberikan keuntungan yang maksimal. Hal yang perlu diperhatikan dalam penjualan melalui sistem online adalah ilmu tentang digital marketing itu sendiri. “Kalau tidak belajar internet marketing sekarang, Anda akan tertinggal” pungkas Marga. Hal ini benar terjadi, karena melakukan marketing yang baik tidak hanya dapat dilakukan melalui offline secara tatap muka / face to face namun juga secara online. Salah satu contoh peraturan yang umum harus dilakukan oleh netizen di dunia online marketing adalah tidak mengetik kalimat menggunakan huruf capital. Karena dalam dunia maya, penggunaan huruf capital merupakan penekanan kata dan kalimat atau sesuatu hal yang bersifat emosi, tindakan amarah, dan minim kesopanan. Hal-hal seperti inilah yang perlu dipelajari dalam dunia marketing secara online, bukan hanya tentang hal baik yang harus dilakukan namun juga mengetahui hal-hal apa saja yang dapat mengakibatkan komunikasi yang negatif dalam dunia digital marketing communication.