Bringing Psychology Product to the Market Place

Bringing Psychology Product to the Market Place

(7/3), Fakultas Psikologi UC mengadakan workshop dengan tema “Bringing Psychological Products to the Market Place” dengan dua pembicara yaitu Prof. Akira Tsuda dari Kurume University, dan Dra. Jenny Lukito Setiawan. MA., PhD., Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas Ciputra.

Pada workshop ini diberikan pengarahan kepada para mahasiswa oleh Ibu Jenny untuk mengerti prinsip dasar dari menjadi seorang “PSYCHOPRENEUR” yaitu mengabungkan prinsip-prinsip psikologi dan digabungkan dengan pola pikir, sikap, dan keterampilan dari Entrepreneur untuk mengembangkan Market Place. Hal selanjutnya yang dibahas adalah bagaimana cara-cara yang mungkin dilakukan untuk menjadi seorang Psychopreneur, dilanjutkan dengan membahas psychological knowledge yang dapat dipakai dalam penentuan produk. Pada kesempatan kali, para mahasiswa dibentuk kedalam beberapa tim untuk membahas serta mempresentasikan  mengenai teori yang dapat diaplikasikan ke dalam produk dan cara kreatif untuk memasarkannya di lapangan. Dalam workshop ini juga dibahas mengenai konsep psikologi, target market, dan juga bagaimana cara membawa produk ini kepada pasar.

Giliran berikutnya adalah Prof. Akira Tsuda untuk berbagi cerita dengan para mahasiswa mengenai penelitian yang ia lakukan terkait “stress and stress management”. Ia menunjukkan kepada peserta workshop software berupa games yang dibuatnya untuk mendeteksi stress, beberapa mahasiswa juga terlibat dalam roleplay tersebut. Tidak hanya itu, Professor juga memberikan pengetahuan mengenai pengertian stress, level stress, penyebab stress, data-data mengenai stress, gejala stress hingga bagaimana cara untuk mengurangi stress.

Selanjutnya, diadakan juga perlombaan terkait dengan materi yang didapatkan dari workshop ini. Pada tanggal 14 Maret 2013 akan diadakan workshop kedua sebagai sambungan dari workshop pertama serta penentuan pemenang dari perlombaan ini.