Branding For Sustainable Bussines

Branding For Sustainable Bussines

Apa yang muncul dalam benak kita ketika mendengar istilah branding? Mungkin yang terlintas adalah mengenai desain dari logo atau kemasan dari sebuah produk. Namun ternyata aspek visual hanyalah salah satu elemen dalam branding. Lalu apakah branding itu? David Setiawan dari Crea Agency memberikan materi kuliah dan dengan gamblang memberikan gambaran tentang apa dan bagaimana branding tersebut dibentuk.

David memaparkan “Everyone can make a product, tapi yang kita beli sebenarnya bukan hanya produk tapi juga brand value dari produk tersebut. Brand membuat kita engaged dan relate dengan customer karena brand adalah karakter dari produk kita” demikian paparnya. Branding adalah keseluruhan apa yang customer pikirkan tentang produk kita.

Lalu apa tips dalam membangun brand? Untuk membuat branding yang kuat kita harus memahami substance & style dari produk yang kita jual. Di dalam substance terdapat business model, customer segments, value propositions, channels, & customer relationship. Kita harus tampil radikal disisi substance ini dengan target market yang jelas, positioning yang kuat dan diferensiasi yang menonjol. Setelah memiliki substance yang benar kita harus memperkuat identitas secara visual. Disini kita harus merancang konsep visual agar sesuai dengan substance yang sudah dibuat dan harus tetap relevan dari waktu ke waktu.

Walter Landor (1913 –1995) – “Product are made in factory but brands creates in mind

IMG_8039IMG_8040