Bootcamp Day 2

Bootcamp Day 2

Kamis, 21 Juni 2012, Business Incubator Universitas Ciputra (UC) Surabaya, mengadakan “Boot Camp”. Acara pada hari kedua ini berlangsung di Resto Palimanan, Citraland, Surabaya. Pembicara tamu yang hadir adalah Kresnyana Yahya, pakar ekonomi Indonesia dan Michael Hardinata Wirawan, owner dari Wirawan Group.

Kresnayana dalam materinya yang berjudul “Business Expansion Plan” mengatakan, “Trust itu lebih dari segalanya termasuk dengan uang. Karena jika orang sudah percaya dengan kamu semua masalah pasti dapat terbantu. If you get the trust, anda punya modal paling gede, modal uang kalah dengan trust”. Sebagai seorang entrepreneur harus dapat melihat peluang apa yang tidak dapat dilihat oleh orang lain. Seperti Pak Ci (sebutan dari DR (HC) Ir. Ciputra) waktu melihat tanah yang sekarang menjadi Citraland, meskipun dulunya merupakan daerah yang gersang, bahkan kambing pun tidak dapat hidup. Beliau tetap optimis bahwa ini adalah lahan yang luar biasa dan akan berkembang di masa depan.

Selain itu juga beliau juga menyampaikan untuk business opportunity & investment opportunity di Indonesia, saat ini adalah saat yang sangat menentukan, jika hari ini anda memutuskan menjadi entrepreneur, ini adalah momentum yang tepat. Jangan membuang waktu lagi, ini waktu yang tepat untuk turut membangun bangsa Indonesia.

Michael Hardinata Wirawan menyampaikan materi yang berjudul “How to Manage Business Pitfall in Finance”. Dalam sharing-nya, beliau menyampaikan bahwa bisnis penuh dengan jebakan atau “trap”, jadi kita harus lebih teliti dalam mengambil keputusan. Banyak contoh kasus yang disampaikan, salah satunya “Jika ada modal sekian, harga produk sekian dan margin sekian. Dalam kasus tersebut dapat berjalankah bisnisnya? Kita tidak dapat benar-benar tahu sebelum kita menghitung secara detil apa saha faktor yang berpengaruh. Bisnis harus memiliki risk management, sehingga sudah dapat diperkirakan baik buruknya keputusan dan resiko yang akan diambil”.

Pesan Michael untuk para peserta “Bootcamp”, “Dalam bisnis memang banyak pitfall terutama di finance. Banyak yang muncul dari pihak sendiri, internal perusahaan, atau pihak ketiga. Oleh karena itu tetap berambisi sebagai entrepreneur dengan platform risk management. Semoga bermanfaat, salam entrepreneur”.