Bootcamp Day 1

Bootcamp Day 1

Rabu, 20 Juni 2012, Business Incubator Universitas Ciputra (UC) Surabaya, mengadakan “Boot Camp”. Boot Camp ini merupakan pelatihan intensif untuk scale-up bisnis mahasiswa yang minimal berusia 1 tahun. Dalam acara ini para peserta akan mendapatkan mentoring baik dari ahli bisnis diluar UC dan juga mentoring dari para pelaku bisnis yang ada di UC, melakukan kunjungan ke bisnis para mentor seperti ke pabrik coklat dan pabrik penyedap rasa mere Mi-Won dan melakukan financial pitching (karena setelah para mahasiswa mengetahui apa yang akan mereka lakukan, tentunya mereka membutuhkan modal kerja untuk meningkatkan kinerja dari bisnis mereka). Acara yang diadakan selama 3 hari (20-22 Juni 2012) ini diikuti lebih 20 bisnis mahasiswa UC dari berbagai jurusan yang dipilih Business Incubator untuk mengikuti acara ini.

Saat ditanya apa sebenarnya tujuan diadakan Boot Camp ini, Suryani Halim dari Business Incubator UC menjelaskan bahwa ”Dari Boot Camp ini, diharapkan dapat merevolusi bisnis yang kecil menjadi sebuah bisnis yang diperhitungkan oleh pasar (dari rongsokan menjadi emas)”. Gebrakan baru yang dilakukan oleh Business Incubator ini melengkapi rumusan kurikulum entrepreneur yang ada di UC, seperti mata kuliah entrepreneur dan project.

Pada hari pertama ini para peserta mendapatkan “Business Traction Review” dari Action Coach yang dibawakan langsung oleh coach Humphfrey Rusli. Coach Humphfrey mengatakan bahwa “Sangat penting bagi sebuah perusahaan untuk membuat sebuah default untuk bisnisnya para saat ini. Dengan tujuan jika suatu hari terjadi hal yang tidak diinginkan perusahaan terjadi pada bisnisnya, perusahaan dapat dengan mudah mengembalikan kondisi bisnis mereka ke level semula melalui patokan yang ada”. Ketika ingin melakukan scale-up bisnis kita perlu berpikir seperti seorang investor, yang berpikir 1) berpikir resiko dibandingkan benefit, 2) resiko dan nominalnya (value-nya), 3) cara mengontrol resiko tersebut. Sebuah bisnis dapat maju sangat ditunjang oleh stakeholder-nya. Buatlah stakeholder kita ini menjadi “cinta mati” dengan kita, sehingga dapat membuat mereka rela bekerja lebih keras. Dengan begitu bisnis kita juga dapat maju lebih cepat. Antusiasme para peserta sangat terlihat dari sesi team sharing, para peserta dipersilahkan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan coach Humphfrey mengenai bisnis mereka.