Mahasiswa International Business Management (IBM) Rekrut Karyawan

Mahasiswa International Business Management (IBM) Rekrut Karyawan

(Surabaya-05/10/2016)

Job Fair merupakan satu momen yang dinantikan oleh para job seeker karena di event ini pada umumnya terdapat banyak perusahaan yang secara serentak membuka lowongan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Animo masyarakat cukup tinggi, hal ini terlihat dari setiap penyelenggaraan job fair hampir selalu dipenuhi para pencari kerja yang jumlahnya bisa mencapai hingga angka ribuan.

Animo ini juga tampak pada event job fair yang diadakan 5-6 Oktober 2016 DBL Arena, layaknya peribahasa dimana ada gula disana ada semut, benar saja bahwa pengunjung event berjubel untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang kompetensi masing-masing.

Salah satu booth yang tampak selalu ramai dihampiri adalah booth mahasiswa dan alumni International Business Management (IBM) dari Universitas Ciputra. Di booth ini terdapat 79 perusahaan milik mahasiswa dan alumni yang membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi. Beragam jenis usaha yang menjadi bisnis mahasiswa dan alumni meliputi Bisnis kuliner, fotografi, manufaktur, poultry, advertising, retail, jasa travel dan lain lain.

Mega Vitria berkata, “Saya bangga menjadi entrepeneur muda karena dapat membuka lapangan pekerjaan. Meskipun sekarang masih berstatus mahasiswa saya sudah mulai merekrut karyawan”, Ujar mahasiswa IBM yang juga merupakan founder Unggul Abadi Santoso .

Mahasiswa memang sudah disiapkan untuk menjadi entrepeneur sejak duduk di bangku perkuliahan. Berbekal  mental entrepreneur dan knowledge yang cukup, mereka sudah dapat menjalankan bisnisnya secara mandiri sejak dini.

Erlita Tantri, selaku tim Public Relation menjelaskan “Bisnis dari mahasiswa dan alumni berkembang bagus sehingga membutuhkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Kami memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan menyediakan booth di Job Fair yang diadakan oleh DBL. Ini adalah salah satu bentuk pendampingan terhadap mahasiswa kami. Animo dari calon karyawan yang mendaftar juga cukup bagus, booth kami hampir selalu ramai dipenuhi pengunjung yang mendaftar. Proses selanjutnya adalah screening dimana kemudian kami akan menghubungi langsung para pendaftar yang memenuhi kualifikasi perusahaan” pungkasnya.

Dari total 230 aplikasi yang masuk, terdapat 80 lulusan SMA, 18 lulusan Diploma, 124 lulusan S1. 8 lulusan S2. Dari angka tersebut terlihat bahwa lulusan S1 merupakan jumlah pencari kerja yang terbanyak. Dari 124 aplikasi lulusan S1, terhitung komposisi 33% adalah dari perguruan tinggi negeri dan 67% dari perguruan tinggi swasta.

 

Data ini menunjukkan bahwa jumlah pencari kerja saat ini cukup besar dan justru didominasi oleh sarjana S1, merupakan tantangan besar di Indonesia yang harus dijawab dengan Entrepreneurship yaitu dengan meningkatkan jumlah penyedia lapangan pekerjaan. Mahasiswa IBM berupaya menjawab tantangan ini sedari masih aktif berkuliah, mereka berupaya membuka lapangan pekerjaan untuk bisnis yang mereka kelola. IBM memberikan bimbingan dan memfasilitasi supaya proses perekrutan dapat berjalan secara professional dan dapat berdampak secara positif bagi mahasiswa dan alumninya

 

20161006_111309

WhatsApp Image 2016-10-14 at 9.05.50 AM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *