Berbasis Online, Bisnis Patisserie Bisa Sukses?

Berbasis Online, Bisnis Patisserie Bisa Sukses?

Pada jaman now dimana semua orang memiliki gadget pribadi, bisnis apapun juga dapat dijalankan dengan basis online. Ivana Setiawan, founder dari Sweet O’Treats yang menjalankan bisnis  patisserie online yang berbasis di Surabaya tergolong sukses dan menjadi favorite para patisserie hunter! Saat mengisi kuliah tamu pada tanggal 9 Maret 2018 di Universitas Ciputra, Ivana Setiawan berbagi pengalaman kepada mahasiswa-mahasiswi mengenai perjalanan karir bisnis dan pengalamannya menjadi salah satu entrepreneur yang berhasil.

Setelah lulus dari William Angliss – Melbourne, Australia dengan gelar Diploma of Business in Hospitality (2008), entrepreneur muda kelahiran Kediri ini melanjutkan studinya dan memilih ingin memiliki banyak pengalaman. Ivana Setiawan pernah bekerja menjadi shop attendance dan waitress di beberapa cafe sejak tahun pertama ia mengampu pendidikan di Australia. Tidak hanya itu saja, pengalaman sebagai asisten toko hingga posisi koki pernah ia jajal.

Berawal dari passion untuk membuat berbagai macam jenis pastry, pada tahun 2013 Ivana Setiawan terjun dalam dunia bisnis online patisserie, dengan maksud memulai businessnya tanpa modal dari orang tua. Pada awalnya, ia menghandle semua aspek businessnya sendiri, mulai dari sales, marketing online, pembelian ingredient, money handling, dan product innovation. Seiring berjalannya waktu, Ivana banyak bekerja sama dengan beberapa restaurant, cafe lokal, online food applications, supermarket, event organizer, dan beberapa perusahaan kantoran di Surabaya. Dari banyaknya order dari pelanggan, Sweet O’Treats kini berpengalaman menjual berbagai macam pastries antara lain cake, cupcakes, pie macaron, brownies, cupcakes, cookies, dan beberapa jenis bread (roti).

Menurut entepreneur muda yang besar di Tulungagung ini, value dari sebuah bisnis adalah keseluruhan produk. Tidak hanya visual saja yang harus sedap dipandang mata, namun Rasa, Kualitas dari produk dan services juga harus maksimal. Ia secara konsisten menciptakan inovasi baru dalam bisnisnya, dan selalu berusaha untuk memberikan produk yang terbaik untuk para pelanggannya.

“Know your Why and make it meaningful. ” kata Ivana Setiawan saat mengaku dirinya pernah menjadi seorang waiters. Kita harus dapat mengembangkan diri kita dengan mencari tahu apa passion dan skill dalam diri kita, dan memaksimalkannya sesuai dengan kapabilitas diri kita.

 

(Kontributor : Selvy Tri Ciawati – MCM – 2015)