Belajar Sistem Saraf: Kuliah Kolaborasi Psikologi dan Kedokteran UC

Belajar Sistem Saraf: Kuliah Kolaborasi Psikologi dan Kedokteran UC

Pada Senin 20 Agustus 2018, mahasiswa PSY UC 2018 mendapat pengalaman belajar di laboratorium Fakultas Kedokteran. Laboratorium ini berjarak sekitar 100 m dari gedung UC. Materi pembelajaran tentang sistem saraf dipandu oleh Dr. Sherly Intanwati, SpPK, M. Biomed yang juga merupakan dosen LB di Fakultas Kedokteran UC. Kuliah ini merupakan kolaborasi dari mata kuliah Psychology of mental processes and biopsychology yang diampu oleh Prof. Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A ., Ph.D, Psikolog dan Novensia Wongpy, S.Psi., M.Psi., Psikolog dengan Fakultas Kedokteran UC.

Dr. Sherly menjelaskan materi dengan peraga

Proses belajar dikemas santai namun tetap berbobot dengan  selipan permainan tentang sistem saraf. Hal ini juga memudahkan mahasiswa memahami setiap materinya walaupun mahasiswa PSY memang tidak secara khusus belajar sampai dalam. Selain games, Dr. Sherly juga menggunakan media belajar yang nyata, yaitu manekin tubuh yang didalamnya terdapat alur sistem saraf serta slide presentasi yang beranimasi.

Suasana belajar di Laboratorium Fak. Kedokteran

Walaupun harus berkeringat sedikit jalan 100 m ke lokasi, mahasiwa PSY UC 2018 tetap antusias mengikuti proses pembelajaran. Beberapa dari mereka mengunggah story di Instagram terkait proses perkuliah mereka hari itu. “Setelah saya mengikuti kegiatan itu, saya menjadi paham akan apa saja yang mempengaruhi mental proses entah dari sisi fisiologis maupun psikologis   Gak nyangka sih bakal ada kuliah kolaborasi seperti kemarin, rasanya gak mungkin kalau di universitas lain ada kegiatan macam gituan. Dokternya nyampein enak, santai, ilmu nya bisa masuk dengan mudah,” ujar Annora (PSY 2018) dengan bangga. “Menurutku kalo pelajarannya, berguna banget, soalnya sangat berhubungan dengan mata kuliah psikologi pelajari. Tapi rasanya tidak perlu untuk ke laboratorium kedokteran, soalnyabisa dipelajari di kelas biasa,” tambah Ricky (PSY 2018) dengan saran membangunnya.

Mahasiswa menggambar sistem saraf di tubuh manusia

Sumber : www.uc.ac.id/psy