Bagaimana Menjalankan dan Membuat Bisnis Bertahan Saat Pandemi

Berbicara tentang cara UMKM pada masa pandemi, apakah di masa ini merupakan waktu tepat berkembangnya UMKM? Mari bahas secara lebih lanjut mengenai bagaimana cara UMKM berjalan dan bertahan di masa pandemi ini?

UMKM adalah singkatan usaha mikro kecil menengah, sekarang ini jadi usaha yang banyak peminatnya di dalam menggerakkan roda ekonomi dalam skala mikro ataupun makro. UMKM mempunyai dampak yang masif sekali untuk negara. Selain itu, keuntungannya pun menggairahkan sekali.

Berikut sejumlah cara UMKM bertahan pada masa pandemi.

Beberapa Cara UMKM Dapat Bertahan di Masa Pandemi

  1. Menyusun Strategi atau Taktik Digital Marketing

Hal pertama yang perlu dilakukan pengusaha UMKM di masa pandemi agar tetap bisa bertahan, selain menyusun strategi keuangan adalah menyusun strategi atau taktik digital marketing atau pemasaran secara digital. Hal tersebut untuk memudahkan UMKM di dalam memasarkan produk serta jasa dimiliki dengan cara digital.

Keuntungan dari digital marketing adalah pebisnis UMKM dapat secara mudah menghitung konversi serta mengukur keberhasilan dari usaha menurut dari strategi yang sudah disusun. Tak hanya itu, strategi atau taktik ini memudahkan untuk analisa kebutuhan serta konduite dari konsumen secara sinkron memakai target pasar.

  • Digital Ads: Dengan ciptakan iklan yang basisnya digital. Contohnya saja Youtube Ads, Google Ads, dan Facebook Ads dipercaya cukup efektif untuk tingkatkan brand awareness serta memudahkan bisnis UMKM untuk menjangkau konsumen secara lebih luas.
  • Media Sosial: Menurut penelitian mengenai pemakaian media sosial di Indonesia, itu menandakan jika tiap harinya masyarakat Indonesia luangkan waktu untuk bermain atau menggunakan sosial media selama tiga jam. Jadi, menggunakan media sosial untuk pemasaran secara digital yang maksimal bisa saja sangat efektif untuk mengembangkan dan mempertahankan UMKM di masa pandemi.
  1. Beralih pada E-commerce dan Marketplace

Seperti yang sudah sebelumnya dibahas mengenai pergeseran dari konduite konsumen di masa pandemi yang banyak lakukan belanja online menjadi favorit konsumen untuk penuhi kebutuhan dan hasrat berbelanja di masa ini.

Hal tersebut dapat dibuktikan memakai output kuesioner BPS (Badan Pusat Statistik) mengenai transaksi jual-beli secara online. Nomor tentang penjualan online secara tajam melonjak selama masa pandemi dan social distancing menurut pemerintah.

  1. Memanfaatkan Layanan Pesan dan Antar

Cara UMKM bertahan pada masa pandemi selanjutnya adalah manfaatkan layanan pesan-antar. Layanan pesan dan antar saat ini merupakan primadona bisnis UMKM, terutama di bidang kuliner. Apalagi di tengah berbagai syarat di masa pandemi ini yang banyak melarang warga untuk makan di tempat atau dine in di rumah makan. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memilih untuk memesan kuliner melalui layanan pesan dan antar jadi solusi yang penuhi kebutuhan serta hasrat mereka.

Ada sejumlah bisnis UMKM yang dapat menjadi peluang usaha bagus di masa pandemi ini. Berikut contoh-contohnya:

  • Jual Beli Secara Online

Peluang usaha pada masa pandemi yang direkomendasikan sekali sekarang ini adalah jual beli secara online. Usaha atau bisnis ini kian mudah untuk dilakukan karena perkembangan teknologi sekarang ini. Melalui sosial media serta berbagai macam platform e-commerce Anda dapat jual banyak jenis produk.

  • Kuliner

Usaha atau bisnis kuliner pun dapat jadi pilihan usaha menjanjikan di masa pandemi. Jenis usaha ini memiliki ruang lingkup yang luas sekali, mulai dari bisnis camilan, makanan sehat, frozen food, serta masih banyak yang lainnya. Pemasaran online pun memungkinkan sekali untuk jenis bisnis ini.

  • Jual Beli Produk-Produk Kesehatan

Di masa pandemi ini pastinya berjualan berbagai produk kesehatan dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat berbisnis hand sanitizer, masker, serta berbagai macam produk kesehatan yang lain. Produk jenis ini saat ini sedang diperlukan dan dibutuhkan sehingga keuntungan yang didapatkan pun besar.

Nah, begitulah cara UMKM bertahan pada masa pandemi sekarang ini. Semoga bermanfaat!

Artikel lain