Latest News

Proses pendidikan di Universitas Ciputra (UC) yang menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) memerlukan administrasi akademik yang rapi, tertib, dan tersentral. Biro Administrasi Akademik (BAA) sebagai sarana penunjang dalam pelaksanaan administrasi akademik, bertugas mengkoordinir segala kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan, mulai dari mahasiswa pertama kali tercatat sebagai mahasiswa sampai dengan mahasiswa tersebut lulus. Ruangan BAA terletak di lantai 2 Universitas Ciputra.

Education process in Universitas Ciputra Surabaya using semester credit semester (SKS) needs academic administration, which is neat, orderly, and centralized. Academic administration bureau, as supporting department in academic administration, work in coordinating all activities related to the implementation of education process, starts from students registration until the graduation of the students. Academic administration bureau located on 2nd floor, room 203 Universitas Ciputra Surabaya

Secara umum, tugas dari Biro Administrasi Akademik adalah mengkoordinasi segala kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan. Maka dari itu, Biro Administrasi Akademik memberikan layanan kepada mahasiswa antara lain sebagai berikut;

  • Layanan administrasi dan pendataan mahasiswa baru.
  • Layanan registrasi mahasiswa baru dan lama
  • Layanan perkuliahan dan ujian
  • Layanan administrasi nilai, ijasah-transkrip, dan wisuda.
  • Dalam melaksanakan kegiatannya, Biro Administrasi Akademik berada dibawah koordinasi Direktur Akademik dan bekerjasama dengan fakultas/ program studi dan supporting department lainnya.

Layanan administrasi berupa pengurusan surat-surat keterangan yang biasa dibutuhkan mahasiswa dalam segala aspek, misal surat keterangan sebagai mahasiswa aktif, surat keterangan pengantar pengurusan visa, ijin tinggal, keterangan lulus, dan surat lainnya sesuai kebutuhan

Proses registrasi mahasiswa baru biasanya dilakukan dua kali, yaitu pada bulan Januari dan Juni. Pada saat inilah seorang calon mahasiswa dinyatakan “resmi” terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Ciputra. Pada saat registrasi calon mahasiswa mendapatkan NIM = Nomor Induk Mahasiswa dan daftar paket mata kuliah yang akan diterima pada semester 1.

Informasi lain dapat juga diperoleh secara offline, dengan langsung mengunjungi ruangan Biro Administrasi Akademik di ruang 203. Keramah-tamahan staff Biro Administrasi Akademik akan membantu mahasiswa mendapatkan informasi yang sesungguhnya.

In general, the main job of academic administration bureau is coordinating all activities related to education process. Academic administration bureau has some service to the students:

  • Administration and data collection for new students
  • Registration for new and old students
  • Lectures and examination service
  • Score administration, graduation certificate, and graduation ceremony
  • In order to do the activities, academic administration bureau supervised under Vice Rector of Academics and work with academic faculty/academic major and supporting department

One of the administration services which student can contact academic administration bureau is student reference letter, like active student reference letter, reference letter for making visa, reference letter for residence permit, and other reference letter which students need.

New student registration held 2 times in a year, on June and January. Students will be officially become Universitas Ciputra Surabaya student after get student numbers on registration period and will get course package for 1st semester.

Students could go to academic administration bureau office if need more information about academic process. The friendliness of academic administration bureau staff will help students to get information they needed