Apresiasi Riset dan Inovasi Mahasiswa

Apresiasi Riset dan Inovasi Mahasiswa

Tugas kuliah yang dibuat mahasiswa biasanya hanya berhenti di tangan dosen untuk dinilai. Akan tetapi, melalui kegiatan Psychopreneur Research & Creativity Festival (PRCF) 3.0, para mahasiswa seluruh angkatan aktif berkesempatan untuk saling berbagi dan unjuk gigi akan karyanya.

 

Berawal dari ide membangun atmosfer akademis dan mengapresiasi kerja mahasiswa, Fakultas Psikologi Universitas Ciputra (PSY UC) yang dikepalai oleh Bapak Dr. Jimmy Ellya Kurniawan, S.Psi., M.Si., Psikolog. mengadakan ajang lomba dan kuliah terintegrasi. Acara ini bertajuk Psychopreneur Research & Creativity Festival (PRCF). Kegiatan ini telah tiga kali dilaksanakan, dan yang terakhir baru saja diselenggarakan pada Senin-Selasa, 29-30 Mei dan Jumat, 2 Juni 2017 di Universitas Ciputra. Seluruh mahasiswa Psikologi angkatan aktif (2013-2016) berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Pada PRCF 3.0, terdapat 7 cabang lomba yang melibatkan 21 mata kuliah semester genap 2016/2017. Tujuh cabang lomba tersebut adalah PSYCHO-Solution, PSYCHO-Poster, PSYCHO-Final Project, PSYCHO-Paper Research-Based, PSYCHO-Paper Non-Research-Based, PSYCHO-Debate, dan PSYCHO-Science. Setiap mata kuliah mengirimkan 2-3 wakilnya untuk berkompetisi dalam cabang lomba yang sesuai dengan mata kuliah. Mata Kuliah Analisis Rancangan Penelitian Kuantitatif misalnya, mengirimkan wakilnya untuk mengikuti PSYCHO-Paper Research-Based yang melombakan karya tulis ilmiah penelitian.

Pada Senin, 29 Mei 2017, cabang lomba PSYCHO-Solution dan PSYCHO-Poster dilaksanakan. Cabang lomba PSYCHO-Solution mengajak mahasiswa untuk membuat produk inovatif (barang atau jasa) dengan dasar prinsip psikologi yang mampu menyelesaikan permasalahan tertentu. Produk yang dibuat pun beragam, mulai dari training, alat yang dapat membantu merangsang sensorik-motorik manula, hingga movement untuk memberikan pesan penyemangat kepada teman yang sedang mengalami masalah. Sebelas karya terbaik dari berbagai mata kuliah memamerkan produknya di Prefunction Lantai 7 Universitas Ciputra.

Berlangsung pada saat yang sama adalah pameran cabang lomba PSYCHO-Poster. Lomba ini mengajak para mahasiswa untuk membuat poster menarik berisi informasi psikologis yang persuasif-edukatif. Ada total 20 poster yang dipamerkan. Topik-topik yang diusung pun beragam, mulai dari “Pengaruh Aromaterapi Lavender terhadap Penurunan Stres Belajar” yang dipresentasikan oleh Bagus Riadi, dkk. hingga “Dinamika Psikologis Keluarga Cikeas” yang dipresentasikan oleh Azarine Benita, dkk.

Keesokan harinya, bertempat di lokasi yang sama, ada pameran dari cabang lomba PSYCHO-Final Project. PSYCHO-Final Project ini cukup istimewa karena melombakan 14 skripsi para mahasiswa tingkat akhir yang akan segera menghadapi sidang skripsi. Mereka mempresentasikan hasil penelitiannya kepada para juri serta pengunjung yang hadir. Menurut Bapak Jony Eko Yulianto, S.Psi., M.A. selaku Ketua Pelaksana PRCF 3.0, “Kegiatan ini menjadi momentum supaya mereka belajar, jadi terbiasa untuk presentasi, handle pressure karena minggu depan mereka akan sidang, sehingga mereka diberikan fasilitas-fasilitas untuk bisa coba presentasi dengan dinilai.”

Karya dari ketiga cabang lomba tersebut tak hanya dinilai oleh para juri, namun juga dari voting para pengunjung yang hadir. Seluruh mahasiswa PSY UC dapat hadir untuk menambah wawasan, mendukung karya rekannya, serta memberikan voting.

Hari terakhir PRCF 3.0, Jumat, 2 Juni 2017 merupakan puncak acara yang sangat terasa atmosfer akademis dan kompetitifnya. Acara puncak ini dilaksanakan di Teater Universitas Ciputra dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa angkatan aktif PSY UC serta dosen tetap maupun dosen luar biasa fakultas. Pada acara ini, berlangsung final 4 cabang lomba, yaitu PSYCHO-Paper Research-Based, PSYCHO-Paper Non-Research-Based, PSYCHO-Debate, dan PSYCHO-Science.

Final PSYCHO-Paper Research-Based menghadirkan 3 penelitian terbaik dari mata kuliah-mata kuliah riset semester ini untuk mempresentasikan karyanya di depan dewan juri dan hadirin. Begitu pula dengan para finalis PSYCHO-Paper Non-Research-Based yang mempresentasikan karya tulis ilmiah yang berisi hasil analisis terhadap berbagai fenomena. Topik yang diangkat pun beragam, mulai dari analisis dinamika psikologis loyalitas pengguna jasa seks komersial (dibawakan oleh Zita Esthiningtyas) hingga usulan perubahan sistem kredit poin guna meningkatkan antusiasme mahasiswa (Ahmad Ridwan Basar, dkk.). Selain presentasi, para finalis juga diberikan pertanyaan oleh kedua juri, yakni Bapak Prof. Dr. F. Danardana Murwani, M.M., serta Bapak Ir. Daniel M. Wonohadidjojo, M. Eng., Ketua Lembaga Penelitian dan Publikasi UC.

Salah satu finalis PSYCHO-Paper Research-Based, Silviawati Kisiyanto, mahasiswi PSY UC 2014, memiliki kesan tersendiri terhadap acara final ini. “Buat aku, acara (final) itu mengembangkan potensi. Aku takut banget kalau maju ke depan untuk presentasi, tapi karena acara (ini), aku latihan untuk push diri sendiri untuk bisa maju dan bicara,” ungkapnya.

Dua final cabang lomba lainnya, PSYCHO-Debate dan PSYCHO-Science berlangsung seru. Final PSYCHO-Debate memakai mosi “Dewan ini percaya bahwa taman kanak-kanak harus membuat berbagai lomba untuk meningkatkan self-esteem pada anak-anak”. Masing-masing tim diwajibkan untuk berargumen secara logis dan scientific menggunakan teori psikologi untuk meyakinkan dewan juri bahwa tim merekalah yang berhak untuk menang.

Sedangkan, final PSYCHO-Science terdiri atas tiga babak cerdas cermat, di mana kedua tim berlomba menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar lima cabang ilmu psikologi dalam waktu yang sangat terbatas. Tim dengan poin terbanyak akan menjadi pemenang.

Menurut Bapak Jony, “Panitia memfasilitasi para mahasiswa yang tertarik mengikuti lomba-lomba tersebut. Selain itu, para mahasiswa juga bisa melihat seperti apa lomba-lomba di psikologi. Hal ini juga cara untuk meningkatkan atmosfer akademis.”

Acara PRCF 3.0 kemudian ditutup dengan pengumuman pemenang semua cabang lomba. Tak hanya peserta lomba yang diapresiasi, namun juga para mahasiswa yang terlibat menjadi panitia. Mereka dipanggil naik ke atas panggung dan diberi ucapan tersebut. PRCF 3.0 memang telah berakhir namun acara ini akan segera diadakan kembali di bulan Desember 2017.

 

Testimoni:

Gimana kesanmu mengikuti PRCF 3.0?

“Seru dan asyik soalnya gak seperti perkuliahan biasa. Selain itu, ada award. Jadi kerja kita selama 1 semester bisa dapat award.” – Siska Hermanto.

“Dengan adanya acara ini, aku lebih percaya diri. Aku juga lebih leluasa menjelaskan (poster). Masuk nominasi dan bisa pameran saja sudah senang.” – Yuliana Yustina.

“Seru sih, kebetulan aku suka research memang. Jarang-jarang ada kegiatan kayak gitu kalau aku bandingkan dengan kampus lain. Terus bisa jadi semacam latihan kalau mau skripsi gimana.” – Zita Mugen Esthiningtyas.

Capek pasti, karena tugasnya berhubungan dengan lombanya. (Tapi ternyata), lebih menyenangkan dari dugaan awal sih. Respon penonton terhadap lombanya juga meriah dan super. Harapannya lebih banyak lagi macam lombanya.” – Mario Rizky Yuwono.

“Pengalaman yang berharga dan menyenangkan. Pekerjaan kita di mata kuliah dipresentasikan dan kita juga dapat melihat presentasi dari kakak maupun adik kelas sehingga kita mengetahui apa yang diajarkan dalam mata kuliah-mata kuliah lain. Dengan adanya lomba PSYCHO-Science dan PSYCHO-Debate juga menambah wawasan. Dan apresiasi yang diberikan juga menambah semangat.” – Saraswati Stefannie Doho.

-Jessie Janny Thenarianto-