Apakah Perlu Kuliah Ilmu Komunikasi Untuk Jadi Ahli Pembicara?

Banyak orang sering bingung memilih ingin kuliah ilmu komunikasi atau ambil jalur belajar lain demi jadi ahli bicara. Menjadi pembicara untuk presentasi, seminar, pidato dan berbagai kebutuhan lain memang tidak mudah. Anda harus melatih banyak hal untuk mendapatkan skill pembicara yang bagus. Namun, apakah benar skill ini hanya bisa didapat cepat dari kuliah?

Tidak Perlu Tapi Sangat Membantu

Banyak orang tentu merasa kuliah hanya untuk mengasah skill berbicara terkesan berlebihan. Walaupun begitu, memang ada benarnya jalur kuliah memberi ilmu dan skill komunikasi lebih dalam. Pembelajaran kelas, material belajar, praktek dan juga pendalaman ilmu bicara jauh lebih advance jika ambil jalur ini.

Sayangnya, kuliah memerlukan waktu dan juga biaya yang tinggi. Untuk Anda yang merasa tidak mampu meluangkan waktu dan biaya tersebut, ada jalur lain sebenarnya untuk jadi ahli bicara. Contoh saja kursus dan melakukan pelatihan otodidak.

Sama seperti bernyanyi, Anda tetap bisa belajar sendiri selama ada material pembelajaran dan sumber ilmu untuk diserap. Sekarang ini banyak material belajar dan tutorial seputar skill komunikasi dan berbicara. Anda akan mudah menemukannya di Internet.

Pilihannya juga lebih banyak. Mulai dari jalur belajar dengan cara berbayar ataupun manfaatkan bahan belajar gratis, semua bisa bantu Anda jadi ahli bicara. Dari perspektif ini, Anda memang tidak perlu harus kuliah untuk dapatkan ilmunya.Namun, bagi Anda yang serius mendalami teknik advance komunikasi dan berbicara, kuliah pastinya sangat membantu!

Tips Tingkatkan Kemampuan Bicara Tanpa Kuliah Ilmu Komunikasi

Bagi Anda yang ingin tahu opsi selain kuliah ilmu komunikasi untuk kuasai skill berbicara, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan:

Ambil Jalur Kursus

Jika Anda sulit belajar sendiri, silahkan daftar ke kelas kursus. Menggunakan layanan ini, Anda akan belajar seperti di kelas kuliah tapi lebih pendek dan spesifik. Karena bentuknya yang sama dengan kelas, pembelajaran lebih terarah dan mudah diserap.

Ikuti Video dan Artikel Tutorial di Internet

Untuk jalur yang paling murah, silahkan pakai material belajar gratis di internet. Artikel dan video tentu mudah digunakan. Hanya dengan menggunakan Google, Anda bisa temukan berbagai resource belajar yang bagus.

Sebagai tips, usahakan pilih sumber belajar yang terpercaya. Misalnya pada video tutorial, cek pembuatnya. Jika pembuat video adalah guru atau orang yang ahli bicara, barulah Anda pakai material tersebut. Pilah – pilah material belajar agar Anda menyerap ilmu yang benar.

Latihan Terus Rutin Sendiri

Untuk memastikan skill Anda terasah, coba latihan tiap hari praktek skill komunikasi. Anda bisa belajar awalnya hanya dari buku cara komunikasi, video tutorial dan kursus, tapi tanpa praktek rutin, skill tidak akan berkembang. Karena itu, usahakan praktek skill ini setiap harinya.

Lebih Baik Kuliah Bila Ingin Lebih Serius Dalami Ilmu Komunikasi

Walaupun ada jalur alternatif menjadi ahli pembicara, lebih baik Anda tetap ambil jalur kuliah bila ingin lebih serius. Melatih skill untuk presentasi dan pidato bisa dilatih sendiri, namun mengasah kemampuan yang lebih advance hanya dapat dilakukan pada lingkup akademis.

Contoh saja pembelajaran psikologi untuk baca mental lawan bicara, hal ini hanya dapat Anda dapatkan di tempat kuliah. Skill seperti ini lebih ditujukan untuk berbicara seputar deal bisnis, debat dan bahkan kebutuhan ranah hukum untuk pengacara, butuh pendalaman seperti ini.

Karena aspek ini, kuliah ilmu komunikasi pastinya tetap menarik bagi Anda yang ingin lebih advance mendalaminya. Pekerjaan dengan lulusan sarjana ilmu komunikasi juga banyak pilihan. Jadi Anda tidak akan kecewa kuliah pada jalur ini!

Artikel lain