Apa Saja 5 Metode Komunikasi Bisnis yang Harus Anda Ketahui?

Komunikasi sangat dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk di dunia bisnis. Sebab, komunikasi bisnis menjadi proses penyampaian informasi dalam dunia usaha. Dan dalam penyampaiannya, ada beberapa metode komunikasi bisnis yang biasa dilakukan.

Apa saja ya metode-metode yang dilakukan dalam komunikasi bisnis? Temukan informasi lengkapnya di bawah ini, yuk! Selamat membaca!

Komunikasi Bisnis Langsung (Tatap Muka)

Komunikasi langsung atau tatap muka (in-person atau face-to-face) adalah metode komunikasi yang paling umum dan cenderung paling disukai. Dalam komunikasi tatap muka, cara yang dilakukan misalnya lewat meeting atau konferensi tatap muka.

Dalam situasi komunikasi tatap muka, skill komunikasi secara langsung yang baik sangat dibutuhkan. Bahkan, skill yang dimaksud tak hanya mencakup skill lisan atau verbal, tapi juga non-verbal seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah. Bahkan, skill non-verbal tersebut sama pentingnya dengan skill verbal, lho!

Komunikasi Lewat Email

Seiring dengan perkembangan teknologi, email menjadi sistem komunikasi yang semakin umum digunakan dalam bisnis. Kemudahan dan kepraktisannya adalah beberapa alasan mengapa email menjadi salah satu metode komunikasi bisnis yang paling disukai.

Ditambah lagi, komunikasi lewat email juga bisa meningkatkan efisiensi kerja. Sebab, pesan di dalam email bisa dikirim dan dijawab dengan cepat. Karena itu metode ini bisa jadi pengganti meeting formal, terutama untuk diskusi.

Online Conference

Perkembangan teknologi di bidang komunikasi juga memengaruhi dunia bisnis. Salah satu buktinya adalah penggunaan online conference sebagai pengganti komunikasi tatap muka, seperti meeting, presentasi bisnis, konferensi, seminar, hingga training karyawan.

Ditambah lagi, berbagai platform penyedia layanan online conference saat ini juga sudah menyediakan beragam fitur untuk memudahkan komunikasi. Contohnya fitur berbagai file, berbagi layar (screen share), percakapan real-time, perekaman meeting, dan sebagainya.

Metode yang satu ini jadi semakin relevan seiring dengan perubahan kultur bisnis zaman sekarang. Pasalnya, sekarang ini makin banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan lokasi kerja fleksibel, sehingga karyawan juga bisa bekerja secara remote atau dari jarak jauh. Jadi, tim tetap bisa berkoordinasi dengan efektif meskipun tidak semuanya datang ke kantor.

Di samping itu, metode yang satu ini juga sangat efektif bagi perusahaan yang memiliki cabang di beberapa tempat. Dengan begitu, apabila sewaktu-waktu perusahaan perlu melakukan meeting dengan kantor-kantor cabang lainnya, meeting bisa langsung dilakukan tanpa mengeluarkan banyak waktu maupun biaya, seperti biaya transportasi, sewa lokasi meeting, dan biaya-biaya lainnya.

Komunikasi Tertulis

Meskipun sudah hadir media komunikasi lain yang lebih modern, media komunikasi tertulis masih umum digunakan. Jenis metode komunikasi yang satu ini cenderung lebih formal dan mendetail dibandingkan metode-metode lainnya.

Beberapa contoh metode tertulis dalam komunikasi bisnis misalnya surat formal, brosur, poster, proposal, dan memo. Meski demikian, metode tertulis ini tidak harus selalu dalam bentuk cetak (print-out), sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Metode Lainnya

Selain keempat metode komunikasi dalam bisnis di atas, masih ada juga metode-metode lain yang sudah banyak diadopsi. Salah satunya adalah sistem instant messaging, seperti melalui WhatsApp atau Telegram.

Penggunaan platform tersebut bahkan semakin wajar ditemukan dalam bisnis. Sebab, instant messaging alias perpesanan instan bisa mempermudah karyawan dalam berkomunikasi, bahkan di luar kantor sekalipun. Penggunaan instant messaging juga jauh lebih cepat, terutama karena pengirim maupun penerima pesan bisa berkomunikasi tanpa menunggu terlalu lama.

Itu dia 5 metode komunikasi bisnis yang umum Anda temukan saat ini. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Artikel lain