Apa Itu Entrepreneur? Mari Mengenalinya Lebih Dekat

Entrepreneur adalah istilah umum yang akan menggambarkan seseorang yang mempunyai ide kreatif dan inovatif di kepalanya sehingga bisa menciptakan sebuah bisnis yang sukses. Entrepreneur muda bukan tipe seseorang yang hanya diam dan menikmati setelah bisnis yang dimilikinya meraih kesuksesan, enterpreneur ini akan terus menggali ide-ide baru yang inovatif supaya bisnisnya dapat terus beradaptasi dengan keadaan.

Arti Entrepreneur

Pengertian entrepreneur adalah seseorang yang menjalankan dan juga mengembangkan bisnisnya dengan penuh inovasi. Seorang entrepreneur adalah orang-orang yang tidak hanya mengelola bisnis, melainkan juga menanggung risiko yang bisa saja timbul di tengah jalan. Keuntungan yang pada akhirnya mereka dapatkan dengan jumlah besar, bisa dianggap sebagai imbalan dari hasil kerja keras yang sudah dilakukannya.

Pengusaha sendiri adalah orang yang menjalankan usahanya sendiri, bukan bekerja untuk orang lain. Jadi, bisa disimpulkan bahwa seorang pengusaha masih belum tentu seorang entrepreneur, tetapi seorang entrepreneur definition pasti seorang pengusaha.

Jenis – jenis Enterpreneur di Indonesia

Di Indonesia populasi penduduk yang ada sekitar 260 juta jiwa, entrepreneur yang ada mencapai 8,06 juta jiwa. Angka ini tidak bisa dikatakan kecil, tetapi juga bukan termasuk angka yang paling besar bila dihitung rata-ratanya. Berdasarkan jumlah tersebut, ada beberapa entrepreneur adalah yang dapat Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan mungkin Anda tidak menyadarinya.

  1. Artpreneur

Istilah ini mungkin baru Anda dengar sebagai salah satu dari contoh entrepreneur. Istilah ini mempunyai arti yang sama dengan seorang seniman. Seniman adalah orang-orang yang hadir dengan berbagai ide kreatif di dalam bidang seni. Seorang artpreneur bukan hanya akan membuat karya, tetapi juga mempunyai kreativitas dan juga inovasi dalam menjual karyanya.

  1. Sociopreneur

Contoh entrepreneur ini adalah yang terakhir yaitu sociopreneur, yang ketika menjalankan bisnisnya mempunyai tujuan ganda, yaitu untuk bisa mendapatkan keuntungan dan juga untuk kegiatan sosial yang akan menghasilkan banyak sekali manfaat bagi orang lain yang ada di sekitarnya.

  1. Ecopreneur

Ecopreneur adalah seseorang yang bergerak di dalam bidang bisnis dengan menciptakan produk-produk yang lebih ramah lingkungan. Umumnya, mereka akan berusaha menjalankan bisnisnya namun tetap akan menjaga keseimbangan kondisi alam dan juga lingkungan.

  1. Foodpreneur

Foodpreneur nantinya dapat disebut sebagai profesi yang mungkin pada setiap tahunnya masih akan digemari dan mempunyai peluangnya sendiri. Singkatnya, selama masyarakat masih menyukai dan juga membutuhkan makanan dan juga minuman, maka foodpreneur ini akan selalu ada.

Tipe – tipe dari Enterpreneur

Di dunia ini ada banyak tipe-tipe entrepreneur yang harus diketahui berdasarkan perilaku dan keputusan yang akan diambilnya. Adapun tipe – tipenya adalah sebagai berikut ini :

  1. Accomplished

Seorang accomplished entrepreneur dapat dikatakan sudah mencapai tahap kesuksesan yang cukup baik. Lebih berfokus kepada peningkatan dari bisnis yang nantinya akan dilakukan dan mendapatkan aset yang jauh lebih tinggi.

  1. Determined

Karakter yang akan dimiliki oleh seorang determined entrepreneur mempunyai jiwa yang pantang menyerah. Mereka akan lebih cenderung memikirkan berbagai cara inovasi tanpa harus melakukan peniruan apapun. Bahkan, kegagalan ini akan dijadikan sebagai nilai yang dapat diambil untuk meraih kesuksesan.

  1. Copycat

Perilaku yang cenderung akan meniru kesuksesan pengusaha yang lain dan menirunya. Mereka juga sering kali meniru dengan menggunakan metode modelling yaitu meniru dengan cara amati, tiru, dan memodifikasi untuk bisa mendapatkan kebaruan.

Artikel lain