Ketika mendengar kata akuntansi pasti pemikiran di benak kita hanya seputar keuangan. Namun jangan salah, banyak bidang lain dilibatkan oleh seorang yang bergelut di profesi akuntansi.

Tanpa kita sadari, bidang akuntansi memiliki pengaruh besar terhadap bisnis dan perusahaan. Selain itu perkembangan dunia dengan peminat banyak ke arah bisnis ekonomi. Hal ini berdampak pada lahan kerja meluas.

Untuk menjadi seorang profesional, kamu perlu menempuh beberapa tahap pendidikan. Jika pada beberapa tahun ke belakang, seseorang lulusan sarjana akuntansi langsung dikatakan seorang akuntan. Berbeda dengan kebijakan pemerintah pada saat ini.

Keputusan pemerintah tahun 2001 tentang penyelenggaraan pendidikan profesi akuntansi sebagai tolak ukur seorang akuntan sah. Lantas apa itu profesi akuntansi serta prospek kerja yang ada? Pahami selengkapnya ulasan dibawah ini.

Pendidikan Profesi Bagi Bidang Akuntansi

Seorang sah bergelar (Ak) didapat dari jalur pendidikan profesi. Dimana cara pendidikan profesi ditujukan untuk mempersiapkan keahlian sebagai seorang pekerja. Kemampuan yang dimiliki diasah dari banyaknya pengalaman secara lansung di lapangan pekerjaan.

Tugas yang diemban yaitu menyediakan laporan keuangan yang valid, termasuk didalamnya pengawasan terhadap proses pendanaan sebuah perusahaan.

Prospek Kerja Seorang Profesi Akuntansi

Bidang ini banyak diminati orang karena memiliki peluang pekerjaan yang meluas. Profesi ini juga dibutuhkan di berbagai model bisnis dan keungana. Beragam jenis profesi akuntan dibawah ini.

1. Akuntan Perusahaan

Sebuah bisnis atau perusahaan pasti memerlukan akuntan untuk mengelola keuangan organisasi tertentu. Bidang satu ini paling banyak diminati lulusan baru atau fresh gratuated.

Data penting dianalisis berupa neraca keuangan, laba rugi bisnis, pendanaan dan aliran dana untuk upaya pengembangan perusahaan.

Bidang perusahaan diambil dari profesi yang memiliki tanggung jawab pada laporan akuntansi perusahaan. Laporan tersebut akan diketahui pihak luar sebagai upaya menarik perusahaan lain yang akan melakukan kerja sama.

Gaji yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan berkisar 4-6 juta. Hal tersebut tentu sesuai dengan jabatan dan kinerja yang dilakukan.

2. Akuntan Publik

Jenis bidang lainnya profesi ini adalah menjadi seorang akuntan publik. Walaupun tugas dan tanggung jawabnya hampir sama, namun bidang publik mampu melayani masyarakat atau lingkup ruang umum.

Akuntan publik dapat bergerak di cakupan bisnis atau nonbisnis relatif bebas dan tidak terikat sebuah perusahaan. Selain itu, jasa di bidang publik bisa diperuntukan oleh perusahan atau perorangan.

Maka, bisa membuka praktik layanan jasa akuntan secara independen. Cakupan tugas seperti laporan keuangan perseorangan, lalu menyusun strategi akuntansi bagi para customer yang memerlukan jasa di bidang publik.

Rata-rata profit sebagai akuntan publik berkisar 4-8 juta tergantung banyaknya layanan jasa yang diberikan. Pastikan sebagai profesi akuntan memiliki nomor regsitrasi sah dan dikeluarkan oleh Kementrian Keuangan.

3. Akuntan Pendidik

Seorang pendidik tentu dibutuhkan dalam semua aspek pekerjaan. Untuk menjadi tenaga pendidik akuntansi di jenjang perkuliahan, memerlukan minimal pendidikan yaitu magister (S2).

Ilmu yang diberikan tentu lebih banyak dan luas. Lembaga pendidikan akuntansi sudah banyak tersebar di dunia. Tugas pendidik adalah merencankan kurikulum pendidikan sesuai untuk mencetak generasi kompeten.

4. Akuntan Pemerintah

Bidang pemerintahan bertanggung jawab atas keberlangsung keungan di lembaga milik Negara. Lembaga tingkat Desa hingga Nasional membutuhkan seorang akuntan. tugasnya pun sama dengan akuntan di bidang lainnya, untuk menganalisis keungan.

Prospek Kerja Cemerlang, Untuk Masa Depan

Berbagai jenis bidang akuntansi tentu memudahkan para profesi akuntansi untuk menerapkan kemampuan yang dimiliki. Di mulai dari bidang perusahaan, layanan jasa perseorangan, pendidik hingga cakupan pemerintahan.

Oleh karena itu, prospek kerja profesi akuntansi cukup cemerlang karena berbagai aspek kehidupan memerlukan analisis yang baik. Salah satunya analisis keuangan untuk keberhasilan sebuah lembaga.