Parents Gathering

Parents Gathering

Parents gathering merupakan acara tahunan yang diadakan oleh jurusan akuntansi Universitas Ciputra dengan tujuan untuk memberikan beberapa informasi penting bagi orang tua calon mahasiswa dan mahasiswi baru. Mulai dari pengenalan dosen yang akan mengajar, cara pembelajaran di UC sendiri hingga apa yang akan dipelajari mahasiswa akuntansi UC. Hal ini sangat penting baik bagi jurusan maupun bagi para orang tua untuk menjalin hubungan kerjasama dari kedua pihak dalam mengontrol proses perkuliahan mahasiswa/I  di kampus. Acara ini dibuka dengan doa dan sambutan dari ketua progdi akuntansi, yaitu Bu Lenny Gunawan, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan dosen akuntansi beserta dengan biografi dan perjalanan karir mereka. Berlanjut dengan pemberian informasi mengenai program studi akuntansi yang dijelaskan secara detail oleh Bu Lenny kepada para orang tua agar mendapatkan gambaran penuh tentang apa yang dilakukan dan dipelajari secara bertahap oleh anak-anaknya dalam perkuliahan ini. Tidak lupa, Bu Lenny juga memberikan gambaran tentang dunia akuntansi secara garis besar, kebutuhan dunia akan seorang akuntan serta peluang kerja seorang akuntan pada masa ini.

Pengenalan dosen PA merupakan acara yang dibawakan selanjutnya oleh Bu Fifi selaku dosen PA mahasiswa angkatan 2018, memperkenalkan diri dan menjelaskan peran seorang dosen PA bagi mahasiswa/i dan bagi orang tua. Beberapa penjelasan tentang AAL (Accounting Active Learning), website UC hingga penilaian juga dibawakan oleh Bu Fifi. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Pak Stan selaku MC acara ini. Pertanyaan mengenai pembelian buku, magang serta kehidupan sosial, khususnya bullying ditanyakan oleh beberapa orang tua. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab secara bertahap. Pertanyaan pertama mengenai buku, diarahkan kepada Student Union selaku HIMA yang membantu mahasiswa dalam pembelian buku. Pertanyaan kedua tentang magang, dijawab oleh Bu Lenny bahwa kegiatan magang dapat dilakukan pada instansi atau perusahaan yang direkomendasi atau telah menjalin hubungan kerja sama dengan UC namun, mahasiswa juga bisa apply pada perusahaan yang diinginkan. Magang juga dapat dilakukan diluar Surabaya dengan catatan harus ada pihak yang dapat dihubungan oleh pihak dosen, untuk dapat mengontrol. Pertanyaan tentang kehidupan sosial, dijawab oleh Pak Stan yang menyampaikan bahwa di UC ini ada program mentoring dan konsultasi yang disediakan sebagai wadah mahasiswa untuk dapat sharing dan berbagi mengenai masalah atau kesulitan mereka. Pertanyaan-pertanyaan yang telah dijawab ini mengundang kelegaan bagi orang tua.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan Student Union dan pengenalan mentor agar orang tua dapat mengetahui bahwa ada kakak kelas yang dapat menampung aspirasi dan keluhan mereka sebagai sesama mahasiswa. Sebagai bukti nyata akan guna dan manfaat ilmu dan pengalaman yang didapat di akuntansi UC, Gavil sebagai alumni diundang untuk dapat berbagi tentang pengalamannya berkuliah di UC dan kegiatannya pasca kuliah. Selain itu, mahasiswa/i aktif uc juga memperkenalkan bisnis mereka yaitu bisnis Freco dan Sandale,  dengan mempresentasikan secara singkat project bisnis mereka.

Rangkaian acara parents gathering pun telah selesai. Doa penutup dibawakan oleh Bu Kezia menjadi tanda berakhirnya parents gathering 2018.

Reported by: Jacquelin

Edited By: CL, CA