Sering dikira sama, nyatanya manajemen keuangan dan akuntansi keuangan merupakan dua bidang ilmu berbeda. Walaupun keduanya sama-sama berkaitan dengan finansial perusahaan, akan tetapi output yang diberikan berbeda.

Walaupun begitu, pada dasarnya kedua bidang tersebut berjalan beriringan dan berada dalam satu departemen yang sama di perusahaan. Salah satunya sama-sama memiliki peran penting dalam keuangan perusahaan.

Ingin tahu mengetahui dengan lebih jelas tentang manajemen keuangan? Berikut ini informasinya, mulai dari pengertian hingga rata-rata gaji di Indonesia.

Apa Itu Manajemen Keuangan?

Manajemen keuangan merupakan bagian yang bertugas mengolah data dari akuntan agar dapat dibaca oleh pengambil keputusan di perusahaan. Cukup berbeda dengan akuntan yang tugasnya mengolah data keuangan secara kotor.

Nantinya data yang dibuat oleh akuntan akan diolah dan dianalisa lebih lanjut oleh bagian manajemen. Bentuk laporannya adalah berupa keputusan yang tepat diambil berdasarkan hasil audit dari akuntan.

Tugasnya adalah untuk menjaga agar arus kas perusahaan tetap stabil dan mempersiapkan rencana keuangan di masa depan. Berbeda dengan akuntan yang berurusan dengan data. Maka manajemen banyak berurusan dengan pengambilan keputusan.

Jenjang Karir Lulusan Manajemen Keuangan

Bagi anda yang lulusan manajemen keuangan patut bangga karena ada banyak jenjang karir menjanjikan yang bisa dicoba. Terlebih di perusahaan-perusahaan besar yang selalu aktif merekrut pegawai keuangan. Berikut ini untuk informasi lebih lanjut tentang jenjang karir.

  1. Manajer Keuangan

Jenjang karir pertama yang paling berhubungan dengan manajemen keuangan adalah menjadi manajer keuangan itu sendiri. Tugasnya adalah mengatur analisis dan evaluasi keuangan perusahaan agar tidak menimbulkan kerugian.

Manajer keuangan juga biasanya berkaitan dengan tanggung jawab gaji dan modal produksi. Dengan tanggungjawab yang besar tersebut, tentu tidak heran jika gaji manajer keuangan dapat mencapai dua digit bahkan lebih.

  1. Konsultan Keuangan

Konsultan keuangan merupakan orang yang bertugas memberi saran jika terdapat permasalahan keuangan di perusahaan. Salah satunya strategi mendapatkan investor, cara untuk mempertahankan klien, dan lainnya.

Biasanya orang yang bertugas menjadi konsultan keuangan harus memiliki wawasan luas dan berjiwa sosial tinggi. Lebih bagus lagi jika menguasai teknologi finansial terbaru, seperti saham dan investasi digital.

  1. Analisa Saham

Analisa saham merupaka orang yang bertugas membuat analisa tentang kondisi saham dan mengatur strategi agar nilai saham perusahaan tetap stabil. Caranya dengan melakukan riset dan membuat model statistik kemungkinan penurunan dan lonjakan saham.

Seorang analisa saham harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengenali fluktuasi perusahaan. Selain itu, juga dibutuhkan kemampuan dan pengalaman investasi yang mumpuni.

  1. Manajer Resiko

Manajer resiko atau risk manager merupakan orang yang bertugas menganalisa kemungkinan resiko keuangan yang akan dihadapi perusahaan dalam waktu tertentu.

Salah satu tantangan menjadi manajer resiko adalah memiliki kemampuan analisa keuangan yang baik sehingga mampu menyusun strategi dan mengurangi resiko kerugian di perusahaan.

Selain empat di atas, masih ada banyak pekerjaan di bagian ini yang bisa dicoba. Misalnya menjadi Aktuaris, Financial Analyst, CFO, analisa kredit, dan lainnya.

Besar Gaji Pekerjaan Manajemen Keuangan

Rata-rata besaran gaji bagi di bidang manajemen keuangan adalah Rp3.500.000 hingga Rp19.000.000 perbulan. Nilainya akan semakin besar jika perusahaan tempat anda bekerja sudah besar.

Bahkan ada banyak bagian keuangan perusahaan yang mendapatkan gaji sampai tiga digit. Seperti menjadi analisa asuransi atau Cheif Financial Officer.

Nah, itulah informasi singkat tentang manajemen keuangan hingga besaran gaji pekerjanya di Indonesia. Apakah anda tertarik untuk menggeluti bidang ini?