Mempelajari Efisienitas Produksi, Akuntansi Berkunjung Ke Pabrik Pocari Sweat

Mempelajari Efisienitas Produksi, Akuntansi Berkunjung Ke Pabrik Pocari Sweat

Pada kesempatan kali ini, Prodi Akuntansi angkatan 2016 melakukan company visit ke PT. Amerta Indah Otsuka. Perusahaan ini adalah perusahan manufaktur yang produknya sangat dikenal oleh masyarakat, salah satunya adalah Pocari Sweat. Company visit ini dilaksanakan pada Selasa,14 Mei 2018. PT Amerta Indah Otsuka sendiri, memiliki 2 pabrik di Indonesia yaitu pabrik yang berlokasi di Kejayan, Pasuruan dan Sukabumi. Pada company visit kali ini, Prodi akuntansi Universitas Ciputra memiliki kesempatan untuk mengunjungi pabrik yang berada di Kejayan, Pasuruan.

Kunjungan kali ini dipandu oleh Bapak Didik Pribadi sebagai perwakilan dari PT Amerta Indah Otsuka. Para mahasiswa mendapat ilmu tentang bagaimana siklus produksi pembuatan Pocari Sweat. Selain belajar mengenai siklus produksi pembuatan Pocari Sweat, mahasiswa juga dituntut untuk mengimplementasikan informasi tersebut ke dalam materi kuliah yang telah didapatkan.

Pada kunjungan kali ini, mahasiswa belajar betapa pentingnya Quality control dalam suatu produksi. Bagi PT Amerta Indah Otsuka kesterilan dalam pembuatan produk sangatlah penting, mengingat produk Pocari Sweat merupakan produk kesehatan. Selain  itu, dalam produksinya, PT Amerta Indah Otsuka memiliki standarisasi tersendiri. Hal ini dilakukan agar konsistensi rasa dapat terjaga dan dapat sama dengan produk Pocari Sweat diseluruh dunia.

Para mahasiswa juga belajar bahwa ternyata, PT Amerta Indah Otsuka memiliki 166 perusahaan di seluruh dunia, dan hebatnya, pabrik yang ada di Indonesia menjadi supplier untuk Asia sebab pabrik disini memiliki mesin dengan kecepatan produksi 600 botol/menit dengan jam operasional 23 jam dari senin hingga jumat dan pabrik Kejayan sendiri memiliki 2 mesin produksi. Pensterilan dan/atau maintenance dilakukan setiap harinya dalam 1 jam yang luang dari waktu produksi itu dan pada hari sabtu dan minggu.

Quality control yang dilakukan ternyata tidak berhenti hanya dalam proses produksi saja, bahkan quality assurance terus berjalan hingga produk diterima oleh distributor. Hal ini bermaksud agar barang yang dikirim dari pabrik kondisinya masih baik sampai diterima oleh distributor.

Dapat kita lihat, bahwa pabrik PT. Amerta Indah Otsuka sendiri memiliki proses produksi yang sangat cepat dan efisien. Mahasiswa angkatan 2016 belajar untuk mengimplementasikan materi yang sudah diajarkan dalam semester ini, terutama pada mata kuliah Strategic Management Accounting dan Sistem Informasi Akuntansi. Mahasiswa diajak untuk menganalisa tentang efisienitas proses produksi, strategi perusahaan, dan analisis penggunaan metode ABC dan ABM. (ID/CA)