EAF ACC UC MEI 2017

EAF mei 2017

EAF mei 2017

Pada 26 Mei 2017. Program Study Accounting Universitas Ciputra kembali mengadakan EAF dengan Topik  “Lean Six Sigma for Strategic Cost Reduction to Maximize Profit”. EAF kali ini mendatangkan seorang muda profesional Daniel Godwin Sihotang CA, CMA, CIBA. Acara yang dimulai dari jam 9 pagi di ruang auditorim Universitas Ciputra ini diikuti oleh segenap mahasiswa Accounting semua angkatan, dan beberapa peserta dari luar Universitas Ciputra.

Perjalanan Karir pembicara kali ini cukup luar biasa, diusianya yang masih tergolong muda, beliau telah melakukan banyak hal yang sangat berdampak pada perusahaan tempat ia bekerja. Menurutnya dengan menjadi profesional yang unggul itu menandakan bahwa orang tersebut memiliki jiwa Entrepreneurship yang tinggi meskipun tidak membuka usaha.

Six Sigma sendiri adalah suatu ilmu yang seringkali dikesampingkan oleh banyak orang bahkan oleh seorang akuntan. Padahal dengan mempelajari ilmu ini, seorang akuntan dapat dengan mudah memanage perusahaan dan membuat perusahaan berkinerja secara efektif dan efisien . Berbicara mengenai profesi Akuntansi. Semakin bertambahnya tahun, ilmu teknologi semakin tinggi. Perusahaan sudah banyak yang mengadopsi teknologi pencatatan dan akuntansi yang juga banyak digunakan dalam dunia bisnis. Lulus dari Universitas Ciputra diharapkan mahasiswa tidak hanya bekerja menjadi staf dan bagian input data, karenan lulusan SMK saja dapat melakukan tugas tersebut. Bagian terpenting seorang Akuntan adalah kemampuannya dalam mengatur strategi dan memanage perusahaan. Hal ini lah yang perlu dilatih sejak di Universitas.

Selama EAF berlangsung, Pak Daniel membawa cukup banyak buku. Setiap peserta yang berinteraksi baik menjawab pertanyaan dari Pak Daniel, maupun bertanya kepada Pak Daniel boleh memilih satu buku dari semua buku yang ia bawa pada saat itu. Selain itu beliau menularkan untuk setiap peserta semakin banyak membaca buku. Membangun efektivitas dalam setiap aktivitas merupakan kunci kesuksesan dari seorang Daniel.

Materi yang dibawakan kali ini cukup mengundang keingintahuan mahasiwa. Selain dapat belajar dari pengalaman beliau, setiap sistem yang pernah ia lakukan di perusahaan – perusahaannya juga ia sharingkan. “Kunci dalam membangun Team Work adalah dengan Mengajar” tutur beliau. Mengajar adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membangun teamwork dalam suatu pekerjaan. Bayangkan jika setiap pekerja tidak mengerti apa yang mereka kerjakan, atau mereka hanya bekerja sealakadarnya, akan berdampak pula pada perusahaan. Jika kita selalu menjadi kunci utama dalam perusahaan, seperti halnya perusahaan tidak dapat berjalan jika kita tidak hadir di tempat itu, maka cara kita dalam menjalankan perusahaan sudah sangat kuno. Perlu kesadaran dalam diri kita untuk mengajarkan pada bawahan kita atau rekan kerja kita untuk dapat berperan aktif, serta merasa ikut memiliki perusahaan tersebut, dengan demikian perusahaan tersebut dapat berjalan tanpa kita harus hadir ditempat itu.

    Intinya adalah membangun kepercayaan, “Jika kita ingin dihormati oleh rekan kerja atau bawahan kita, maka kita harus menghargai mereka terlebih dahulu.” Pesan Pak Daniel.