Company Visit Amerta Indah Otsuka 2016

Company Visit Pocari 2016 - 2

Foto di Aula Diversity, Amerta Indah Otsuka (Dok ACC)

Mahasiswa akuntansi Universitas Ciputra kembali mengadakan company visit di PT Amerta Indah Otsuka. Company visit ini diadakan pada 3 Juni 2016 yang berlokasi di Kejayan Pasuruan Jawa Timur dalam rangka pembelajaran yang berkaitan dengan mata kuliah Etika bisnis dan komunikasi, Akuntansi biaya, Manajemen Strategis Akuntansi dan Internal audit.

PT Amerta Indah Otsuka merupakan perusahaan Jepang yang bergerak dibidang farmasi dan bisnis minuman isotonik. Perusahaan ini telah memiliki banyak anak perusahaan termasuk di Indonesia dan telah memasarkan produk minuman isotonik dengan merek pocari sweat. “Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar untuk mengembangkan bisnis tersebut”, terang Naomi.

Pocari Sweat merupakan minuman ringan dan minuman kesehatan terpopuler di Jepang. Produk ini mengandung ion yang diperlukan oleh tubuh sehingga baik untuk diminum ketika tubuh kekurangan cairan. Produk ini sangat aman dikonsumsi dan tanpa bahan pengawet. Kandunga ion dalam poari sweat sangat dibutuhakan saat tubuh merasa letih dan lelah. “Untuk saat ini PT Amerta Indah Otsuka telah mengeluarkan produk baru yaitu Soyjoy dan Pocari sweat Ionessence sebagai inovasi terbaru”, Jelas Naomi.

Company Visit angkatan 2013-2015

Foto di Depan Pabrik Amerta Indah Otsuka (Dok ACC)

Keadaan pabrik Pocari Sweat saat ini cukup bagus dan tertata. Pabriknya bersih dan hampir seluruh prosesnya dijalankan oleh mesin sehingga steril dan tidak terkontaminasi oleh bakteri. Penjalanan dengan mesin juga dapat mengurangi biaya yang ada karena tidak memerlukan campur tangan pekerja yang banyak. “Edukasi yang saya dapatkan saat mengunjungi pabrik pocari sweat yaitu saya dapat mengetahui proses produksi pocari sweat dan mengetahui bagaimana sistem perusahaan dalam melakukan cost reduction”, Terang Totok.

Company visit ini sangat bermanfaat untuk proses pembelajaran bagi mahasiswa Universitas Ciputra sehingga pembelajaran ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dalam berbisnis. Untuk itu mahasiswa diharapkan dapat memgambil informasi yang baik dalam Cost reduction Pabrik Pocari Sweat untuk pengembangan bisnis mahasiswa kedepannya.

Pesan dan kesan sewaktu kunjungan di pocari sweat adalah  mahasiswa dapat belajar secara langsung melalui observasi mengenai jalannya suatu bisnis.“Pocari sweat juga memberikan pengertahuan dan wawasan dengan terbuka kepada mahasiswa”, Jelas Bu Kazia. (Yuni)