Belajar hal baru dengan mahasiswa Korea

Belajar hal baru dengan mahasiswa Korea

Pada tanggal 27-29 Agustus 2018 yang lalu, terdapat acara boot camp yang diikuti oleh 2 mahasiswa dari Accounting UC angkatan 2016 yaitu Melina Laurent dan Florentina Evin. Camp kali ini diselenggarakan di Jakarta dimana pesertanya tidak hanya dari mahasiswa/i yang berasal dari Indonesia saja, namun juga terdapat beberapa mahasiswa dari Korea. Boot camp ini berlangsung selama 3 hari.

Meilina berkata “Dari camp kali ini, saya mendapatkan banyak pembelajaran seperti ilmu baru tentang membuat rencana startup bisnis yang baik dan benar serta mendapatkan networking dari peserta lain yang merupakan mahasiswa/i dari Korea dan mahasiswa yang berasal dari universitas Indonesia lainnya.”

Selain mendapatkan banyak networking, mereka juga mempelajari mengenai budaya yang ada di Korea. Ada beberapa kesamaan budaya yang bisa ditemuinya dengan Korea seperti sama-sama penyuka makanan pedas meski tidak semua makanan pedas disukai. Kemudian peserta juga dibagi dalam beberapa kelompok dimana kelompok tersebut diajarkan untuk membuat sebuah produk yang akan dijual di Indonesia. Mereka diajarkan mulai dari membuat BMC (Bussines Model Canvas), menentukan range harga, dan materi perencanaan bisnis lainnya. Dari situ dapat diketahui bahwa semua produk Korea belum tentu disukai oleh semua orang Indonesia. Selain itu, juga terdapat seminar yang membahas tentang perencanaan untuk membuat sebuah bisnis seperti apa yang dibutuhkan oleh founder, serta perencanaan lainnya.

“ Boot camp kali ini seru banget. Kita juga belajar banyak dan juga bisa berbaur dengan orang Korea. Walaupun ada keterbatasan bahasa dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya namun kami belajar banyak hal“ Ujar meilina.