ACC UC turut berpartisipasi dalam ajang Ning UC

Pada Jumat, 27 April 2017 di Auditorium Universitas Ciputra diselenggarakan pemilihan Ning UC 2017-2018. Ning UC merupakan suatu acara tahunan Universitas Ciputra yang dijadikan ajang untuk mencari mahasiswi terbaik yang akan dijadikan ambasador UC. Disini Ning UC bertugas untuk menghubungkan mahasiswa dengan universitas. Tidak hanya itu saja, Ning UC juga diharuskan untuk bekerjasama dengan organisasi mahasiswa untuk mensosialisasikan kebijakan-kebijakan Universitas Ciputra maupun organisasi kemahasiswaan kepada mahasiswa. Pemilihan Ning UC tahun ini mengangkat tema “Emancipation for Empathy”. Tema ini diangkat karena pemilihan Ning UC diselenggarakan berdekatan dengan hari kartini. Selain itu, kata empati disini adalah karena seluruh penjualan tiket pemilihan Ning UC seutuhnya akan disumbangkan kepada korban-korban akibat longsor di Ponorogo. Tentu karena berkenaan dengan hari kartini, para kandidat Ning UC diwajibkan untuk menggunakan busana kebaya.

Terdapat 15 kandidat yang berasal dari berbagai jurusan di UC yang menjadi finalis Ning UC.  Salah satunya adalah Evina Kustandi. Evina kustandi atau akrab disapa Evina ini merupakan satu-satunya perwakilan jurusan Accounting Universitas Ciputra. Menurut Evina, pemilihan Ning UC ini sangat penting untuk diselenggarakan karena selain untuk memilih ambasador UC,  Ning UC ini juga dijadikan ajang untuk menampilkan bakat serta menambah wawasan bagi persertanya. Evina sendiri memiliki bakat yang juga sekaligus hobby yaitu Modelling dan foto model. Namun, pemilihan Ning UC tak hanya melihat bakat, hobby dan kecantikan secara fisik saja, namun cara berkomunikasi dan cara berpikir dari masing-masing kandidat juga akan dinilai. “Mahasiswi yang cocok menjadi Ning UC menurut saya adalah mahasiswi yang berpendirian teguh, berwawasan luas, mengerti dengan baik budaya yang ada di Indonesia, dapat berkomunikasi serta bersosialisasi dengan baik” ujar Evina saat ditanyai mengenai kriteria yang cocok menjadi Ning UC menurut pendapatnya.

Diawal acara, 15 finalis akan mengambil pertanyaan dari fish ball dimana masing-masing pertanyaan berbeda-beda. Para finalis Ning UC diberikan kesempatan untuk menjawab dan mengungkapkan pendapatnya dalam waktu 60 detik. Pertanyaan yang ditanyakan berhubungan dengan sosial, budaya, ekonomi dan teknologi. Evina sendiri mendapat pertanyaan seputar teknologi tentang permasalahan munculnya sikap apatis akibat perkembangan smartphone yang semakin canggih. “Perkembangan teknologi yang semakin canggih tak hanya memberikan dampak positif saja namun juga pasti ada dampak negatif salah satunya munculnya sikap apatis. Menurut saya sebenarnya hal ini dapat diatasi mulai dengan hal-hal kecil dari dalam diri kita sendiri seperti mengumpulkan HP pada saat berkumpul dengan teman dan apabila ada yang bermain HP akan dikenakan denda atau sebagainya. Sehingga waktu bersama dengan orang sekitar dapat dimanfaatkan dengan maksimal tidak hanya dengan bermain HP saja” ujar Evina saat diberikan waktu untuk mengungkapkan pendapatnya. Dengan pendapat tersebut, berhasil mendorong Evina masuk 5 besar Ning UC. Selanjutnya 5 besar Ning UC ini diberikan kesempatan untuk menampilkan performance atau bakat yang ia miliki. Evina sendiri menampilkan portofolio foto-foto model yang ia miliki dalam bentuk video. Sayangnya Evina hanya berhasil di 5 besar saja. “Senang sih, gugup juga. Tapi dengan ikut menjadi Ning UC ini saya dapat menambah wawasan saya. Selain itu, bangga juga menjadi satu-satunya perwakilan Accounting untuk menjadi kandidat Ning” ujar evina saat ditanya bagaimana perasaannya saat mengikuti Ning UC. “Thankyou semuanya atas mentoring, dukungan, ucapan-ucapan, yang sudah bela-belain nonton dari awal hingga akhir juga. Terima kasih banyak” ujar Evina sebagai ucapan terima kasih kepada para dosen dan teman-teman yang selalu mendukungnya. (LA)

Evina Kustandi

Evina Kustandi