Lecturer of Accounting Department and
Vice Dean of Faculty of Entrepreneurial Business

Wirawan ED Radianto, M.Sc, Akuntan  menamatkan pendidikan Sarjana Akuntansi dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan kemudian melanjutkan pendidikan di Gothenburg University Sweden untuk memperoleh gelar Master of Science in Accounting. Pada tahun 2007 memperoleh gelar Akuntan dari Universitas Gadjah Mada dengan predikat Cum Laude, dua tahun kemudian yaitu pada tahun 2009 berhasil memperoleh Master of Theologia dalam bidang pastoral Leadership dari Sekolah Tinggi Theologia Nazarene dengan predikat cum Laude dan sekaligus menjadi lulusan terbaik. Pada tahun 2015 menyelesaikan program Doktor S3 Ilmu Akuntansi Universitas Airlangga Surabaya.Selain berkarir dalam dunia pendidikan, Wirawan juga memiliki pengalaman dalam dunia bisnis sebagai profesional. Sejak kuliah di semester tiga Wirawan sudah bekerja sebagai akuntan manajemen dan selanjutnya dipercaya untuk menjadi manajer pada perusahaan tersebut. Sejak tahun 1998  Wirawan bekerja sama dengan berbagai NGO yang berskala nasional maupun internasional dalam program pemberdayaan masyarakat, microfinance, perancangan sistem akuntansi, internal auditor sampai dengan feasibility study. Pada tahun 2003 sampai 2006 Wirawan berkesempatan bekerja di Bank Perusahaan Daerah milik sebuah pemerintah daerah dan tahun 2006 merintis dan mengembangkan bisnis kuliner di Yogyakarta sebelum akhirnya pindah ke Surabaya. Berbagai pengalaman tersebut sangat bermanfaat dalam melakukan mentoring kepada mahasiswa baik dalam perintisan bisnis maupun pengembangan bisnis.

Sebagai seorang akademisi beberapa tulisannya dimuat di jurnal nasional dan internasional,  aktif menjadi pemakalah di seminar nasional dan internasional serta menulis beberapa buku dan salah satunya telah diterbitkan oleh penerbit luar negeri. Tiga penelitian terakhirnya berhasil dipresentasikan dalam seminar internasional yaitu Using Project Based Learning in Management Accounting Course:

Lesson and Reflection from Entrepreneurship Education pada Airlangga Accounting International Conference (2012), Do we ready to face Globalization of Accounting? Exploratory Study of Accounting Faculties in Indonesia dipresentasikan pada 5th International Seminar on Industrial Engineering and Management, dan Product Costing in the Start-up Business: Reflection from Entrepreneurship Education yang dipresentasikan di  The 3rd Indonesia International Conference on Innovation, Entrepreneurship, and Small Business (2011).

Berbekal pengalaman dan pendidikan yang seimbang saat ini Wirawan aktif menjadi entrepreneur enabler. Ketertarikannya di bidang entrepreneurship education mengantarkannya memperoleh penghargaan sebagai The Best Facilitator by Spirit 2010 dan The Best Supervising Lecturer 2009 dari Universitas Ciputra. Beberapa bidang yang digelutinya yaitu management control system, internal auditing, strategic management, dan entrepreneurship education semakin memantapkan keyakinannya bahwa perpaduan ilmu akuntansi dan entrepreneurship akan mampu menghasilkan entrepreneur muda yang berkarakter, beretika, dan bernilai tambah sehingga memiliki competitive advantage untuk bersaing dalam bisnis local dan global. Berdasarkan pengalamannya sebagai akademisi, dan praktisi Wirawan adalah orang yang sangat yakin bahwa seorang entrepreneur yang sukses harus menguasai ilmu akuntansi, demikian juga Akuntan yang hebat harus memiliki jiwa entrepreneurship.

Saat ini disamping sebagai dosen penuh waktu di program studi Accounting (Acc), Wirawan juga menjawab sebagai Vice Dean of Faculty of Entrepreneurial Business dan juga berprofesi sebagai internal auditor dan konsultan keuangan keluarga yang ditekuni mulai tahun 2008.