7 Skill Komunikasi Mahasiswa Untuk Sukses Kuliah

Bagi para mahasiswa, pastikan latih skill berkomunikasi yang baik. Komunikasi dalam dunia akademis akan membuka banyak pintu sukses hingga menjalankan karir nantinya. Ingin tahu skill komunikasi mahasiswa apa saja yang penting dikembangkan?

Kemampuan Berbicara

Kemampuan berbicara adalah hal yang paling penting dalam skill komunikasi mahasiswa. Berkomunikasi dengan teman, rekan mahasiswa lain, dosen dan berbagai pihak akademisi lainnya, menjadi hal penting. Berbicara dengan baik akan menunjukan kemampuan intelegensi Anda.

Semakin tinggi kemampuan berbicara Anda, makin mudah juga Anda menyelesaikan berbagai tugas. Mulai dari pidato, wawancara, presentasi dan berbagai kegiatan yang butuh komunikasi baik lainnya.

Kemampuan Mendengarkan

Untuk dapat berbicara baik, pastikan Anda memiliki kemampuan mendengarkan juga. Skill mendengarkan lawan bicara. Saat mampu dengarkan lawan bicara, Anda dengan mudah menyerap apa kata – kata yang pas sebagai respon. Mengombinasikan kemampuan berbicara dan mendengarkan sangat penting dalam komunikasi mahasiswa.

Kemampuan Menampilkan Bahasa Tubuh

Kemampuan komunikasi tidak sekedar cara berbicara. Anda harus pastikan bahasa tubuh juga tepat. Mulai dari ekspresi, pandangan mata, posisi badan dan juga gerakan kecil yang digunakan dalam komunikasi harus dilatih.

Walaupun berbicara baik tapi mata Anda tidak fokus dan tubuh tidak menghadap lawan bicara, hal ini tidak akan efektif. Bahasa tubuh bahkan terasa lebih penting dalam percakapan sehari – hari dibandingkan kata – kata. Karena itu, pastikan latih bahasa tubuh Anda untuk meningkatkan efek kemampuan berbicara Anda.

Kemampuan Komunikasi Via Tulisan

Mahasiswa pasti lebih sering menulis dibandingkan melakukan bahasa lisan dalam melakukan tugas – tugasnya. Mulai dari paper, essay dan makalah berupa tulisan, karena itu skill komunikasi mahasiswa dengan bentuk tulisan harus dilatih dengan benar. Untuk komunikasi penulisan, hal yang paling penting adalah penguasaan kata – kata dan rangkaian bahasan.

Pastikan efisien dalam membuat tulisan. Anda harus buat tulisan sependek mungkin tapi mampu berikan informasi sejelas mungkin. Jika terlalu panjang penjabaran, pembaca bisa bosan. Sedangkan jika terlalu pendek, informasi dapat tidak jelas ditangkap pembaca. Pastikan latih kemampuan menyeimbangkan kedua aspek ini dalam tulisan Anda.

Kemampuan Presentasi

Dalam kelas kuliahan, presentasi pasti ada. Jika mengembangkan skill presentasi di panggung, berbagai mata kuliah akan lebih mudah dihadapi. Terkadang pada dosen menilai mahasiswa dari segi komunikasi saat presentasi. Karena itu, selalu latihan kemampuan Anda untuk presentasi.

Kemampuan Bangun Networking

Kemampuan komunikasi dapat digunakan untuk networking. Dalam hal ini, networking tidak sekdar cari potensi kerja sama tapi juga cari teman. Bagi para mahasiswa yang ingin lebih sukses, pastikan punya banyak kenalan dan teman. Kedepannya, memiliki komunitas yang dekat akan membantu dalam berbagai hal yang akan dihadapi kedepannya.

Kemampuan Bernegosiasi

Kemampuan bernegosiasi penting untuk meyakinkan pihak lain atau mengubah pikiran seseorang tentang suatu topic. Pada situasi kuliah, hal ini muncul dalam kegiatan organisasi dan debat studi. Negosiasi bukan berarti Anda harus mendapatkan sesuatu dari berbicara dengan orang lain. Hal ini lebih membuat perspektif Anda sama dengan lawan bicara.

Pendalaman skill ini dapat dilakukan dengan research seputar psikologi komunikasi. Pastikan tahu perspektif orang dan bagaimana Anda menyesuaikannya dengan perspektif Anda sendiri. Hal ini memerlukan mental yang mampu melihat berbagai perspektif berbeda dan mencari jalan tengah di antaranya.

Sekian bahasan tentang 7 skill komunikasi mahasiswa yang wajib dilatih. Jika ingin lulus dengan kemampuan komunikasi tinggi, pastikan belajar terus untuk kembangkan semua skill tersebut!

Artikel lain