7 Rekomendasi Jalur Karir Lulusan Jurusan Psikologi dengan Prospek Tinggi

Banyak lulusan psikologi sering bingung memilih pekerjaan. Untuk bantu tentukan jalur karir, mari bahas rekomendasi karir lulusan jurusan psikologi yang ada pada artikel berikut ini!

Psikoterapis

Psikoterapis adalah pekerjaan yang paling banyak diambil setelah lulus jurusan psikologi. Umumnya untuk jadi psikoterapis, Anda harus mampu lulus S2 untuk jalur profesi. Standar syarat kerja yang cukup tinggi membuat peluang pendapatan para jalur karir ini sangat tinggi.

Tidak jarang di Indonesia banyak yang jadi psikoterapis dan bekerja di luar negeri. Anda bisa bayangkan berapa besaran bayar pindah – pindah negara untuk melayani client dari berbagai tempat di belahan bumi.

Psikolog

Psikolog adalah bentukan jalur karir yang lebih mudah dari psikoterapis. Pekerjaan ini bahkan dibagi per topik dan pendalamannya. Contoh saja psikolog anak, psikolog pecandu dan psikolog hubungan rumah tangga.

Pekerjaan jurusan psikologi lebih fokus pada subjek tertentu dan memang lebih mudah dipilih. Anda cukup lulus S1 dan memiliki fokus topik mental tertentu. Untuk menjalankan usaha, Anda bisa mendaftar ke badan institusi kesehatan mental atau buka praktek sendiri. Hal ini akan tergantung pada bentuk usaha yang cocok bagi Anda.

Konsultan

Konsultan memiliki banyak peran tergantung topik yang dihadapi. Contoh saja konsultan public relationship di perusahaan akan lebih fokus melihat strategy PR yang digunakan dalam bisnis. Membuat publik melihat image perusahaan secara positif adalah hal utama dari PR. Jadi jika ada masalah pada PR, konsultan bisa berperan untuk menyelesaikan masalahnya.

Konsultan juga dapat berperan dalam banyak hal lain. Contohnya konsultan pernikahan dan bahkan konsultan organisasi dapat menggunakan ilmu – ilmu dari psikologi.

Manager Marketing

Pemasaran adalah aspek yang sangat dekat dengan psikologi. Anda berusaha membuat rencana marketing yang menstimulasi mental seseorang agar ingin membeli produk yang dijual. Karena hal tersebut, manager marketing adalah opsi karir lulusan jurusan psikologi yang populer.

Menggunakan teknik manipulasi dan stimulasi psikis seseorang agar produk makin laku sangat penting saat ini. Karena marketing sudah menyebar di dunia online, Anda harus bersaing dengan banyak produk dalam waktu bersamaan. Karena itu, peran lulusan psikologi pada pekerjaan ini makin dicari.

Manager HRD

HRD selalu berurusan dengan relasi rekan kerja dalam perusahaan. Karena harus mengurusi berbagai relasi orang – orang, lulusan psikologi pasti tepat berada di sini. Memastikan jadi penegah dan memberi konsultasi metal pada pekerja penting dilakukan pada perusahaan. Jadi tidak aneh banyak manajer HRD datang dari lulusan psikologi.

Admin Media Social

Admin social media harus mampu menggunakan ilmu psikologinya untuk memastikan relasi dengan user dan follower selalu harmonis. Potensi karir lulusan psikologi sebagai admin social media sangat bagus di era internet sekarang.

Semua perusahaan memiliki akun media social saat ini. Untuk pastikan follower merasa dilayani dan ada posting menarik setiap saat, peran admin makin penting. Tanpa admin yang ahli soal relasi dan psikologi publik, akun social media pasti sulit trending.

Guru

Karir sebagai guru juga terbuka untuk lulusan psikologi. Anda bisa menggunakan ilmu tersebut untuk memilih cara mendidik murid agar lebih lancar belajar. Guru konseling juga kebanyakan ahli psikolog anak. Jadi pilihan karir ini dapat menjadi opsi yang bagus untuk lulusan psikolog.

Sekian bahasan opsi karir lulusan jurusan psikologi. Mudah – mudahan informasi karir ini dapat membantu Anda menentukan pilihan kerja yang paling tepat. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Artikel lain