6 Tips Sukses Presentasi Untuk Para Mahasiswa

Skill komunikasi dalam presentasi adalah hal penting bagi mahasiswa. Belajar tips sukses presentasi di artikel ini akan membuka banyak pintu sukses lain selama Anda di masa kuliah. Contoh saja sukses tugas presentasi, mampu presentasi proyek organisasi dan bahkan mudah presentasi skripsi. Semua ini mungkin Anda lakukan jika menggunakan 6 tips yang akan dibahas berikut ini:

Menguasai Intonasi dan Kontrol Suara

Dalam presentasi, Anda harus latihan kontrol suara. Berikan tekanan intonasi pada informasi yang penting dan adaptasi dengan situasi penonton. Untuk mencuri perhatian, menggunakan suara keras di point – point tertentu pasti efektif. Untuk menguasai hal ini, sering – sering latihan simulasi presentasi sendiri agar lancar kedepannya.

Selalu Persiapkan Presentasi Sesuai Audience

Presentasi tidak bisa sembarangan. Agar sukses, pastikan persiapkan isi dan tampilan presentasi sesuai audience. Contoh, jika dalam event seminar untuk anak remaja, lebih baik pilih visual menarik dan materi bahasan yang ringan dan lebih humoris.

Untuk presentasi proyek organisasi, hal ini harus lebih serius. Material harus padat singkat tapi jelas dan informatif. Penyampaian juga lebih formal dan harus cepat tanpa buang waktu terlalu panjang. Jika mampu melakukan penyesuaian yang tepat, presentasi Anda pasti mudah sukses.

Kombinasikan Tampilan Presentasi dan Juga Kemampuan Anda Menyampaikannya

Selain komunikasi dalam presentasi, Anda harus manfaatkan alat presentasi secara maksimal. Tips sukses presentasi ini berhubungan langsung dengan desain slide, audio dan media visual yang Anda gunakan.

Semakin menarik slide yang digunakan, makin fokus juga audience membaca dan menonton slide tersebut. Walaupun alat ini bagus untuk curi perhatian penonton, Anda juga harus hati – hati. Jangan sampai audience hanya fokus pada slide dan tidak dengarkan apa yang Anda bicarakan.

Sebagai tips, gunakan point – point pada slide dan tampilan gambar yang bagus. Transisi dan animasi dibuat minimal saja. Selama visualnya bagus, Anda sudah bisa curi perhatian penonton sesaat agar fokus pada pembicaraan Anda kembali.

Perhatikan Ekspresi dan Gaya Tubuh

Gaya tubuh saat presentasi juga penting. Jika lancar menunjukan gerakan – gerakan di panggung, perhatian audience akan lebih fokus. Gerakan tangan, pandangan mata dan ekspresi adalah kunci membuat presentasi lebih menarik.

Selalu Usahakan Percaya Diri

Kunci utama presentasi bagus adalah rasa percaya diri. Mahasiswa yang malu – malu di panggung pasti mengalami kesulitan komunikasi. Masalah ini bisa berupa kata – kata tidak jelas, ragu dalam pengucapan kata dan bahkan tidak lancar dalam menjelaskan presentasi.

Hal seperti ini tidak akan membuat penonton fokus dan pastinya gagal presentasi. Karena itu, pastikan latih rasa percaya diri Anda sebelum melakukan presentasi agar lancar.

Jangan Terlalu Fokus Pada Slide Melainkan Pada Audience

Banyak mahasiswa menggunakan tampilan slide sebagai bahan contekan. Hal ini tentu tidak masalah jika perhatian tetap pada audience. Masalahnya, masih banyak mahasiswa hanya sekedar baca slide saja. Hal ini tentu merusak komunikasi informasi di depan panggung.

Presentasi yang benar adalah menggunakan informasi pada slide sebagai point – point saja. Sisanya, komunikasikan dengan para pemirsa sesuai dengan bahasa sendiri. Penjelasan tidak perlu detail, cukup singkat dan mudah dimengerti. Buat contoh – contoh dan cerita pada penjelasan agar audience lebih fokus pada Anda daripada sekedar lihat slide.

Sekian bahasan tentang tips sukses presentasi bagi para mahasiswa. Mudah – mudahan dengan tips di atas, Anda makin sukses dalam menjalani kuliah. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Artikel lain