5 Tips Belajar Skill Komunikasi yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Proses belajar komunikasi bisa panjang. Beberapa orang bisa makan waktu 1 sampai 2 tahun mendalami kemampuan komunikasi yang baik dan benar. Namun, jika sering praktek dan mengasah skill yang spesifik (contoh hanya untuk presentasi atau jadi MC) proses belajar akan lebih pendek.

Untuk membantu Anda belajar lebih efisien, mari bahas beberapa tips belajar skill komunikasi yang efektif pada artikel berikut ini:

Belajar dengan Membiasakan Penggunaan Skill Komunikasi yang Anda Pelajari

Jika belajar skill komunikasi dari buku ataupun kursus, Anda harus bisa praktekan skill tersebut dalam kehidupan sehari – hari. Percuma sudah belajar banyak tapi tidak pernah latihan menggunakannya.

Usahakan rutin mengaplikasikan skill di hal – hal sederhana terlebih dahulu. Misal saat menyapa atau berbicara dengan teman. Latih gaya bahasa tubuh dan juga intonasi yang baik saat komunikasi. Jika sudah terbiasa, skill pasti otomatis mudah digunakan.

Buat Group Belajar Komunikasi Bersama

Belajar komunikasi bersama jauh lebih efektif daripada belajar sendiri. Tukar pembicaraan dan diskusi secara netral dan bebas adalah kelebihan memiliki group belajar ini. Memiliki group belajar tidak harus secara fisik belajar bersama. Membuat group WhatsApp dan berbicara melalui video call saat diskusi sudah jadi hal yang bagus untuk saling menilai dan meningkatkan skill bersama – sama.

Biasakan Ambil Peran Pada Event Sebagai Pembicara

Tips belajar skill komunikasi berikutnya adalah praktek di event. Jika ada event panggung gembira, acara 17-an dan nikahan, tidak ada salahnya menjadi pembicara di situ. Mengajukan diri sebagai MC dapat meningkatkan kemampuan berbicara Anda. Berbicara di depan umum sangat jarang kesempatannya. Jadi pastikan manfaatkan event seperti ini.

Anda tidak harus tampil sempurna. Selama mempraktekkan beberapa ilmu komunikasi yang sudah dipelajari, Anda sudah mendapatkan pengalaman berharga. Jika sering ambil peran pada event – event lainnya, Anda akan makin terbiasa menggunakan skill berbicara. Akhirnya, skill tersebut menempel dan mudah digunakan secara natural.

Kembangkan Skill Komunikasi dengan Banyak Mengikuti Seminar

Belajar kemampuan komunikasi dapat dilakukan dengan mencontoh orang – orang yang sudah ahli. Bagi Anda yang belajar komunikasi untuk keperluan panggung atau berbicara di hadapan banyak orang, seminar menjadi event yang cocok diikuti.

Seminar selalu melibatkan audience yang banyak. Pembicara harus pastikan tiap peserta seminar tidak bosan dan tetap fokus selama event berlangsung. Jika bisa mencontoh kemampuan panggung pembicara seminar, Anda otomatis level up pengetahuan komunikasinya untuk dipraktekan sendiri.

Banyak Tonton Video Seputar Skill Komunikasi dan Peningkat Karisma

Banyak video di YouTube memberikan pelajaran seputar komunikasi, skill bicara dan meningkatkan karisma. Menggunakan  video ini, Anda akan mendapatkan ide bagaimana banyak orang lain melakukan komunikasi mereka.

Aplikasi skill berbicara bisa berbeda pada tiap orang. Karena berbeda, efeknya yang dihasilkan juga bisa berbeda. Karisma menjadi aspek lain yang berguna dalam komunikasi. Banyak orator, pembicara dan mc memiliki karisma tinggi saat tampil bicara. Skill untuk latih karisma umumnya dilihat dari ekspresi dan bahasa tubuh. Jika bisa contoh hal ini, Anda lebih mudah menguasai skill komunikasi.

Mudah – mudahan bahasan 5 tips di atas berguna bagi Anda sekalian. Tips belajar skill komunikasi diatas hanya sebagian dari banyak jalur belajar komunikasi lainnya. Namun, pilihan di atas umumnya lebih mudah digunakan.

Pastikan cari cara yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Tidak jarang orang ada yang masuk kursus ataupun ambil kelas tambahan saat kuliah hanya untuk belajar cara berbicara dan presentasi yang baik. Selama ada usaha meningkatkan skill, Anda harus coba terus melakukannya!

Artikel lain