5 Rekomendasi Software Game Development

Game development adalah sebuah proses penciptaan atau pengembangan video untuk sebuah game. Semantara subjek yang melakukan pekerjaan tersebut disebuat sebagai game developer. Jika kamu berminat menjadi seorang game developer, berikut ada 5 rekomendasi software game development.

  1. Corona SDK

Corona SDK yang dimaksud bukanlah sebuah virus yang menyerang dunia pada akhir tahun 2019, melainkan sebuah software pengembang video game. Software yang satu ini biasa digunakan untuk pembuatan aplikasi android, khususnya game. Kamu bisa menggunakan software ini secara gratis untuk pengembangan aplikasi berbasis android maupun iOS.

Jika kamu ingin fitur yang lebih lengkap, bisa menggunakan versi berbayar. Ada berbagai tambahan fitur yang membuat kamu dapat mendalami aplikasi ini dengan baik. Untuk enterprise, biaya yang dikeluarkan per bulan adalah sekitar Rp 1.000.000. Harga tersebut akan berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.

Software yang dibuat oleh Walter Luh dari Corona labs inc. menggunakan bahasa pemrograman Lua yang merupakan bahasa Scripting. Kamu bisa melakukan pengujian real time dengan software Corona SDK guna memudahkan imitasi, kode dan validasi.

  1. Unity

Software ini berfungsi untuk mengolah gambar, suara, grafik, input dan lainnya guna membuat sebuah game dan aplikasi sejenis. Unity telah menjadi software yang cukup dikenal oleh para pengembang game android maupun PC. Mesin penghasilan game ini telah menjadi satu faktor kesuksesan game teratas seperti Monument Valley: Forgotten Shores dan Crossy Road.

Unity tersedia dua versi yakni gratis dan berbayar. Kamu dapat mengunduhnya langsung dari situs resminya. Perangkat yang dapat menjalankan game dengan Unity adalah android, iOS, Windows Phone, Windows 8 hingga Mac.

  1. Construct

Game development selanjutnya adalah Construct yang merupakan tools pembuat game dengan basis HTML5 khusus platform 2D. Penggunaan software ini sangat mudah karena kamu tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman yang rumit. Pembuatan game dapat dilakukan dengan cara yang mudah dibaca secara visual.

Software ini menyediakan Evensheet yang berisi pernyataan pemicu atau kondisi. Apabila kondisi tersebut dapat dipenuhi maka tindakan atau fungsi dapat dilakukan. Selain itu Construct juga dikenal dengan teknik drag and drop sehingga cocok bagi pemula yang belum memiliki pengalaman.

Terdapat tiga jenis lisensi pada software yang satu ini yaitu Free Edition, Personal Edition dan Business Licence. Apabila kamu masih pemula maka bisa menggunakan Free Edition dengan fitur yang cukup lengkap untuk membuat game interaktif.

  1. Unreal Engine

Software game development yang digunakan untuk pengembangan game berbasis mobile, baik itu android maupun iOS. Pengembang game dengan Unreal Engine juga bisa mengembangkan game untuk X Box, Playstation, Mac OS, Linux dan lainnya. Apabila kamu ingin mengembangkan game menggunakan software ini maka harus menguasai bahasa pemrograman C++ terlebih dahulu.

  1. Godot Game Engine

Software ini mendukung pembuatan game 2D maupun 3D dengan performa yang lebih baik, lebih sedikit bug dan alur kerja yang mulus. Sistem yang digunakan adalah drag and drop ketika proses pembuatan berlangsung. Pengguna juga dapat meluaskan perintah dengan menambah script bahasa Python atau GDScript.

Godot juga menyediakan banyak tools umum yang komprehensif sehingga memudahkan pengguna dalam mengembangkan game. Kamu bisa menggunakan satu kali klik ke beberapa platform desktop. Software Godot dapat digunakan secara gratis dengan open source di bawah lisensi MIT.

Itulah beberapa software game development yang bisa membantu kamu untuk mengembangkan sebuah game.

Artikel lain