5 Langkah untuk Mendapatkan Investor untuk Bisnis Kamu

Modal menjadi aspek penting jika kamu ingin mengembangkan usaha. Terutama jika kamu merasa usaha kamu berjalan di tempat dan tidak sulit berkembang. Tidak jarang, untuk mendapatkan modal yang besar, para pelaku usaha mencari investor.

Namun, cara mencari investor modal usaha tidaklah semudah itu. Tidak mudah bagi pihak lain untuk mempercayakan penanaman modal apalagi jika perusahaan masih baru dan belum begitu dikenal luas.

Berikut adalah 5 langkah untuk mendapatkan investor bagi kamu yang ingin mengembangkan usaha.

Mencari Investor

Cari investor yang memiliki bidang yang sama denganmu atau paling tidak mengetahui tentang bisnis yang sedang kamu jalankan. Tuliskan beberapa nama yang bisa menjadi pilihan untuk jadi investor Kamu.

Tanamkan pada dirimu bahwa investor bukan hanya orang yang akan menanamkan modal berupa dana saja kepada perusahaan kamu, tapi ini bisa juga menjadi orang yang akan membantu memecahkan masalah bukan dengan materiil, bisa jadi mengenalkan kamu kepada supplier baru ataupun akan membuka pemasaran kamu sehingga pemasaran kamu bisa meningkat.

Kamu bisa mencari investor dengan mengikuti kompetisi terkait usahamu, mengikuti seminar, workshop, temu usaha ataupun pameran. Tempat-tempat itulah dimana kamu dapat dengan mudah menemukan investor yang bisa jadi tertarik dengan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Gabung dengan komunitas bisnis juga menjadi cara yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan investor.

Menyusun Proposal

Cara mencari investor modal usaha berikutnya adalah kamu harus menyusun proposal. Proposal berisi tentang perusahaanmu secara lengkap, mulai dari pendirian, manajemen bisnisnya, proses pemasaran yang telah berjalan, arus kas perusahaan, keunggulan, kelemahan yang harus diperbaiki, peluang dan ancaman yang sedang dihadapi, rencana jangka tertentu dan cara mencapainya.

Pelajari tentang juga tentang Manajemen Bisnis dan Manajemen Pemasaran.

Proposal menjadi dokumen pendukung utama yang harus kamu miliki jika ingin mendapatkan investor. Buatlah proposal yang menarik sesuai dengan kondisi perusahaan kamu.

Presentasikan Proposal

Langkah selanjutnya adalah menjelaskan mengenai perusahaanmu. Hal ini dilakukan dengan presentasi kepada investor terkait. Presentasi dilakukan dengan menarik dan menjelaskan tentang inti-intinya saja, supaya tidak membuat bosan yang mendengarkan.

Sampaikan presentasi dengan berurutan dan jelas. Kamu bisa melakukan presentasi dibantu dengan power point untuk lebih mudah dalam memvisualisasikannya. Untuk slide presentasi, cantumkan tulisan seperlunya saja supaya tidak terlalu rumit ketika dibaca.

Intinya, jangan mengandalkan power point, kamu sebagai penyampai lah yang akan memegang kunci dalam menentukan tersampaikan dengan baik atau tidaknya informasi tersebut.

Beritahukan SWOT

Selanjutnya adalah jelaskan analisis SWOT dari perusahaan. Analisis ini terdiri dari keunggulan, kelemahan, peluang, dan ancaman produk yang ingin kamu kembangkan. Tujuannya adalah untuk dapat mencari solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Selain itu, investor juga bisa jadi memberikan saran yang tepat untuk membantu Kamu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi.

Beritahukan Strategi Usaha

Setelah adanya analisis SWOT, maka cara mencari investor modal usaha berikutnya adalah memaparkan tentang strategi usaha yang kamu ambil. Ini supaya nantinya jelas dapat dilihat ke arah mana modal yang akan ditanamkan oleh investor.

Strategi akan menjelaskan tentang langkah-langkah apa saja yang kamu ambil supaya perusahaan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Strategi ini juga lah yang akan dilihat oleh investor tentang seberapa serius kamu akan berusaha mengembangkan perusahaan.

Sekian informasi mengenai 5 langkah untuk mendapatkan investor yang bisa coba kamu terapkan. Kamu akan bertemu dengan orang yang tepat dalam mengembangkan usahamu, asalkan terus berusaha.

Artikel lain