5 Alasan Kenapa Jurusan Teknologi Informasi Jadi Pilihan Tepat di Era Digital

blank

Berbicara soal jurusan kuliah yang paling cocok di era digital, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas jurusan Teknologi Informasi. Di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat, ilmu komputasi merupakan bagian penting dari peradaban dunia.

Hampir di semua sektor industri menggunakan teknologi digital. Artinya, jurusan informatika memiliki prospek yang menjanjikan. Karena selain berkecimpung di perusahaan, kamu bisa merintis bisnis digital sendiri. Selain itu, terdapat beberapa alasan mengapa jurusan informatika cocok untuk dijadikan pilihan di era digital.

  1. Prospek Kerja yang Luas dan Salary Tinggi 

Perkembangan teknologi informasi kian canggih dari waktu ke waktu. Tenaga manusia mulai digantikan dengan tenaga robot ataupun komputer yang dapat beroperasi secara otomatis. Selain itu, sektor perekonomian digital pun mulai digarap secara serius. Ini menjadi prospek yang menjanjikan bagi mahasiswa jurusan Teknologi Informasi.

Selain menjadi programmer, lulusan informatika dapat bekerja sebagai web designer, IT konsultan, pengembang software ERP, dan lain sebagainya. Dengan keahlian yang dimiliki, kamu bisa bergabung dengan perusahaan ataupun merintis bisnis sendiri.

Selain prospek kerja yang luas dan menjanjikan, gaji pekerja di bidang informatika terbilang cukup tinggi. Sebab tidak semua orang dapat melakukan tugas di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

  1. Selalu Mempelajari Hal-hal Baru 

Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa perkembangan teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Artinya, selalu ada penemuan-penemuan baru di bidang teknologi. Bidang ini tidak menuntut pemahaman teori saja, tapi juga praktek.

Sebab itulah, banyak hal baru yang akan kamu pelajari dari bidang teknologi informasi. Selain meningkatkan skill, mempelajari hal-hal baru juga meningkatkan pengalaman kamu. Disamping itu, kamu dapat belajar bagaimana caranya membuat aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

  1. Bisa Jadi Pekerjaan Sampingan 

Selain menjadi pekerjaan tetap, skill di bidang teknologi informasi dapat kamu manfaatkan untuk pekerjaan sampingan. Kamu yang mahir dalam bidang IT bisa menjadi freelancer dalam bidang pengembangan website, desain web, dan lain sebagainya.

Meskipun berstatus sebagai pekerjaan sampingan, namun gaji yang dihasilkan lumayan besar karena yang kamu jual adalah kemampuan yang tidak semua orang memilikinya.

  1. Ilmu Informatika Adalah Ilmu Masa Depan 

Sejak awal sudah disinggung bahwa ilmu komputasi akan mendominasi di masa depan. Artinya, segala aktivitas dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus berpindah tempat. Peran ahli informatika selalu dibutuhkan untuk masa depan karena memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Oleh karenanya, bidang ini selalu memiliki lapangan kerja.

  1. Peluang yang Besar untuk Memulai Startup 

Menjadi technopreneur atau pengusaha teknologi adalah pilihan bijak di era digital seperti sekarang. Untuk menjadi pengusaha di bidang teknologi, maka diperlukan ilmu yang berkaitan dengan komputer. Melalui jurusan teknologi informasi, kamu akan mendapatkan bekal untuk mewujudkan mimpimu sebagai seorang pengusaha.

Apalagi peluang untuk memulai startup cukup terbuka lebar karena jumlah pengusaha di Indonesia masih cukup rendah. Dengan menciptakan startup sendiri, kamu ikut membuka lapangan kerja dan mengurangi tingkat pengangguran.

Bidang teknologi informasi adalah bidang yang tidak ada matinya. Selain prospek yang menjanjikan, bidang ini memiliki perkembangan yang sangat pesat. Setiap harinya selalu ada aplikasi, game, ataupun startup teknologi yang lahir dan memberikan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat. Tak mengherankan jika peminat jurusan teknologi informasi tidak kalah besar dari jurusan populer lainnya.

Menu