Mata Kuliah E3 Lahirkan 240 Lebih Bisnis Baru

Mata Kuliah E3 Lahirkan 240 Lebih Bisnis Baru

(Surabaya-21/09/2016)

Tak kurang dari 1000 orang memadati lantai 1 dan 2 Universitas Ciputra untuk menyaksikan lahirnya bisnis baru. Hiruk pikuk pengujung menyaksikan dan menikmati produk dari 240 booth pameran dalam rangkaian dari proses pembelajaran Mata Kuliah Entrepreneurship 3 (E3). Berbagai macam produk makanan (makanan berat, cemilan, dessert) dan non makanan (fashion, furniture, jasa, reptile, souvenir) dipamerkan.

Mahasiswa dengan passion sama membentuk kelompok maksimal 5 orang (tidak harus terdiri dari satu program studi) selama satu semester telah melakukan brainstorming, observation, dan interview, dan pada hari ini (Rabu, 21 September 2016) me-launching usahanya.

“Banyak booth yang sudah laku produknya bahkan mendapatkan pemesanan dalam jumlah banyak, seperti Java Heritage yang memproduksi dasi kupu-kupu dengan kombinasi kain batik sutra khas Jepara dengan desain kekinian ” papar Christina, salah satu Fasilitator E3.

Di Mata Kuliah Entrepreneur 3 ini mahasiswa semester III mengeksekusi secara nyata Start Up Business nya yang telah dirancang sejak semester 2 di Mata Kuliah E2,” tutur Stephanus Eko Wahyudi, S.T., M.Mm. selaku salah Tim Pembelajaran E3. “Proses yang dialami oleh mahasiswa dalam membuka usaha secara langsung inilah yang menjadi pengalaman tersendiri,” imbuhnya.

Tiap booth pameran mendapat masukan dan penilain dari tim penguji dari jajaran dosen dan para praktisi. Ada kriteria yang harus dicapai adalah (1) punya office (2) publikasi usaha (3) target profit tiap bulan.

Tujuan akhir dari Mata Kuliah E3 ini adalah mahasiswa mengeksekusi usaha secara nyata, mendapatkan real client, transaksi nyata, adanya arus kas dan keuntungan per bulan.

Sekilas cuplikan produk-produk yang dijual pada saat pameran:

Bon Brown (baked cheese tart, pqnnacota, mousse, chocolate petit gateau)

Flabby Egg (produk olahan telur yg diinovasikan shg memiliki tekstur seperti puding yg tersedia dlm 2 varian rasa, yaitu Sweet dan Savory

IDN.Co (baju casual, semi formal hingga formal yang dipadukan dengan kain nusantara)

Bluebells (baju anak dengan tambahan variasi sehingga menciptakan model berbeda dalam satu baju)

 

2 3 5  7