2 Pilihan Penting untuk Mengetahui Peluang Kerja Sistem Informasi

Perkembangan teknologi informasi di era sekarang ini sudah menjadi basis dalam kehidupan manusia sehari-hari. Oleh karena itu, sumber daya manusia yang mempunyai keahlian khusus dalam hal ini merupakan aset yang sangat dibutuhkan. Salah satu bidang ilmu yang berkaitan erat dengan teknologi informasi yaitu bidang sistem informasi.

blank

Sistem informasi dapat diartikan sebagai suatu sistem yang mengintegrasikan aktivitas manusia dengan penggunaan teknologi dalam mendukung manajemen dan kegiatan operasional. Hal tersebut berkaitan pada terciptanya sebuah hubungan antara manusia, informasi, data, teknologi, dan algoritmanya.

Bagi kamu yang sedang atau akan melanjutkan kuliah di bidang sistem informasi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu prospek karir apa saja yang sesuai setelah kamu lulus nanti. Bahkan apabila kamu sudah lulus dan memiliki kemampuan dalam bidang ini, kamu perlu mengetahui pula apa saja peluang kerjanya. Berikut ini 2 pilihan penting yang dapat kamu pertimbangkan dalam memilih peluang kerja sistem informasi.

Memanfaatkan Peluang Kerja di Bidang Sistem Informasi

Pilihan pertama ini merujuk bahwa kamu dapat mendapatkan pekerjaan dengan memanfaatkan berbagai peluang kerja yang sudah ada atau sudah diciptakan oleh orang lain. Tugas kamu adalah melamar peluang pekerjaan itu dan mengasah jenis kemampuan sistem informasi yang sesuai dengan peluang yang kamu pilih.

Para lulusan bidang Sistem Informasi mempunyai peluang kerja yang sangat besar dengan jenis serta jenjang karier yang sangat bervariasi. Lulusan Sistem Informasi banyak dibutuhkan oleh banyak perusahaan, dan berperan untuk mengembangkan sebuah sistem perantara antara programmer dengan pengguna. Rata-rata gaji awal lulusan Sistem Informasi yang bekerja di suatu perusahaan yaitu mencapai kisaran Rp 5.000.000. Tetapi, besaran gaji tersebut dikembalikan lagi kepada kemampuan yang dimiliki dan lokasi perusahaan. Berikut ini beberapa referensi jabatan pekerjaan bidang sistem informasi yang dapat kamu manfaatkan:

  • System Manager : bertugas sebagai seorang koordinator, perencana serta mengarahkan jenis teknologi yang apa yang dapat digunakan dan sesuai dengan aktivitas perusahaan.
  • Information security analyst : bertugas sebagai pengembang sistem keamanan untuk memproteksi jaringan dan sistem perusahaan.
  • IT support : bertugas sebagai penyedia tenaga teknis IT bagi perusahaan, biasanya bersifat fleksibel dan merupakan bidang pekerjaan yang cukup umum di bidang IT.

Menciptakan Peluang Kerja di Bidang Sistem Informasi

Menciptakan peluang kerja atau lapangan kerja sendiri bagi lulusan sistem informasi menjadi sebuah pencapaian serta kesempatan terbaik yang dapat kamu lakukan. Dalam pilihan kedua ini, kamu dapat menciptakan sebuah lapangan pekerjaan baru dan memberikan kesempatan pekerjaan bagi orang lain.

Bukan hanya dibidang bisnis saja, menciptakan peluang kerja di bidang sistem informasi juga memerlukan beberapa hal awal yang dapat kamu, seperti membuat strategi dan manajemen yang bagus, tentukan tujuan yang ingin dicapai, melakukan analisis SWOT, dan lainnya.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi peluang kerja bidang sistem informasi yang dapat kamu ciptakan:

  • Web Developer : kamu dapat menjadi seorang Web Developer secara pribadi dengan membuat program atau sistem pada sebuah website yang kamu miliki. Kamu dapat mengelola dari awal hingga website tersebut dapat mempunyai tampilan yang menarik dan dapat menjalankan fungsinya untuk menghasilkan sebuah keuntungan.
  • Software Developer : kamu dapat menciptakan sebuah software aplikasi sendiri dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu dapat memulainya dengan sebuah riset pasar berkaitan dengan kebutuhan masyarakat akan suatu kecanggihan teknologi, lalu mendesain dan megimplementasikan hingga menguji software dan sistem tersebut hingga dapat digunakan oleh banyak orang.
  • IT Consultant : kamu dapat menjadi seorang IT Consultant secara independent (tidak di bawah suatu lembaga). Kamu biasanya bertugas membantu klien yang ingin menggunakan IT dan juga membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi struktur dan sistem IT-nya.
Menu