Building Trust At UC Family Bussines Gathering V 2016

Building Trust At UC Family Bussines Gathering V 2016

UC Family Bussiness Center & Community adalah komunitas yang terdiri dari alumni dan mahasiswa UC yang memiliki perusahaan keluarga dan akan melanjutkannya. Dengan UC Family Bussiness Center ini, para penerus family business dipersiapkan untuk dapat meneruskan bahkan mengembangkan lebih besar family business mereka”

Pada hari Sabtu, 28 Mei 2016 diadakan kegiatan gathering untuk kali yang ke-5. Ini berarti secara konsisten kegiatan ini sudah berlangsung selama 5 tahun berturut-turut. Nama kegiatan yang diambil untuk tahun 2016 ini adalah “UC Family Bussines Gathering V 2016 dengan tema “Building Trust”.

38

Acara yang diadakan di Hotel Ciputra Surabaya ini dihadiri oleh Bapak Antonius Tanan selaku keynote speaker. Hadir pula civitas akademik Universitas Ciputra yakni Bapak Tony Antonio (Rektor UC), Bapak Denny Bernadus (Wakil Yayasan Pendidikan Ciputra), juga Bapak Victor Effendi (Direktur Operasional UC). Tampak para undangan dan peserta dengan serius & fun mengikuti sepanjang acara yang telah disusun oleh panitia.

 11 13

Terbagi dalam sesi materi, tanya jawab, discussion dan game, keypoint dari kegiatan ini adalah untuk menyampaikan bahwa untuk menjadi penerus usaha keluarga membutuhkan kepercayaan dari orang tua sebagai perintis bisnis. Anak sebagai penerus generasipun harus membangun semangat trust yang sama agar visi perusahaan tetap sejalan. Acara ini memang diselenggarakan secara eksklusif bagi mahasiswa dan alumni yang menjadi anggota UC Program Family Business Entrepeneurship. Tampak dihadiri oleh 52 keluarga yang terdiri dari 1 anak dan 1 orangtua sehingga total peserta sore itu adalah 104 orang.

Semenjak dibentuk 5 tahun yang lalu, komunitas berbasis bisnis keluarga ini sekarang memiliki total 134 member yang terdiri dari 52 alumni dan 82 mahasiswa yang masih aktif berkuliah di UC. Hal ini menunjukkan betapa kuat koneksi yang dibangun karena di dalamnya terdapat 134 perusahaan yang terhubung. Melalui forum ini mereka dapat menjalin komunikasi dan membangun relationship antar perusahaan. Tidak sedikit pula antar member yang bahkan sudah melakukan kerjasama untuk membesarkan jaringan bisnisnya.

” Saya tadinya menyangka bahwa acara ini seminar biasa tetapi saya kaget juga acara dikemas luar biasa dimana hampir seluruh peserta sama sama orang tua yang tidak tau bagaimana nih caranya memberikan kepercayaan ke anak, padahal siapa sih orang tua yang tidak mau usaha nya diteruskan anaknya? Ujar Bapak Hananiel Michael Tandean, Owner PT Kirana Tour and Travel Surabaya.

Hal senada juga disampaikan oleh Annisa yang saat ini masih menjadi mahasiswi UC angkatan 2014. “Pulang dari gathering papa ngoceh terus pak sampe kosku, katanya acara kemaren keren dan bermanfaat sekali, Papa jadi lebih ngerti apa yg harus dia lakukan untuk ngajarin dan mempersiapkan aku. Papa juga mau terapkan ke adik adiku biar dimulai dari kecil dan berbuat hal yg kecil untuk bantu ortu”

“UC mendirikan Family Business Center ini sebagai bagian dari program pendidikan Entrepreneurship. Pada dasarnya, program ini memiliki tujuan untuk menghubungkan antara mahasiswa, orang tua maupun alumni yang sudah mulai masuk diperusahaan orang tua nya. Dosen Universitas Ciputra bertindak sebagai coach dan mentor. Ilmu yang diberikan dapat langsung dipelajari dan diperdalam dari pengalaman yang dimiliki oleh orangtua, sehingga mahasiswa akan tumbuh menjadi seorang Entrepreneur yang didukung penuh oleh keluarga. Ini menakjubkan karena menunjukkan respon yang positif baik dari orang tua ataupun mahasiwa.  Program ini juga akan menyelenggarakan short course (kuliah singkat) bagi publik yang saat ini anaknya tidak berkuliah di UC. Kuliah singkat selama 1 minggu bagi orang tua dan anak pada saat jeda semester dan terbuka untuk umum” Ujar Head Of UC Family Business Center, Teddy saputra MBA

7 14

Senior member yang berlaku sebagai panitia berhasil mengemas sepanjang acara sehingga berjalan apik dan menarik, diselingi pula dengan penyerahan award untuk anggota yang dirasa telah menunjukkan performa yang baik sepanjang tahun ini. Berlangsung selama sekitar 4 jam, acara berakhir pada pukul 20.00 WIB dan ditutup dengan sesi penyerahan bunga mawar antar generasi sebagai symbol love and trust. Ada orangtua yang tampak tersenyum serta memeluk hangat anaknya hal ini memang bertujuan untuk makin meningkatkan hubungan baik dan membangun chemistry positif antar generasi penerus bisnis.

5 4

6

Sampai jumpa di event UC Family Bussines Gathering lainnya, Salam Entrepeneur!