Workshop with Gerhardt

Workshop with Gerhardt

PT. Gerhardt Indonesia bekerjasama dengan Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Ciputra mengadakan kegiatan workshop dengan tema “Maintaining Your Kjeldahl System Instruments”.  Workshop ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada hari Senin-Selasa, 21-22 Agustus 2017, mulai pukul 09.00 sampai 16.00 di Laboratorium Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Ciputra. Workshop ini diikuti oleh 22 peserta yang berasal dari lingkungan industri, perguruan tinggi dan instansi pemerintah. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan prinsip dan mekanisme kerja alat analisa protein, menunjukkan cara merangkai alat analisa protein dan metode pemeliharaan serta cara mengatasi kerusakannya.

Pada hari pertama, Prof. Hari Purnomo dari Universitas Ciputra memberikan materi mengenai protein dan cara menganalisanya. Materi yang disampaikan seputar deskripsi protein, metode analisa protein serta mekanisme yang terjadi selama analisa. Dilakukan juga praktek analisa protein menggunakan mesin Kjeldahl oleh tim dari Gerhardt. Pada hari kedua, peserta diberi penjelasan mengenai maintenance and trouble shooting yang rutin dilakukan pada mesin Kjeldahl. Perlu diketahui bahwa lembaga-lembaga yang diundang untuk menghadiri workshop ini merupakan lembaga-lembaga yang sudah memiliki mesin Kjeldahl dan menggunakannya secara rutinuntuk analisa protein. Peserta cukup antusias dalam mengikuti rangkaian workshop ini, secara interaktif muncul berbagai pertanyaan mengenai materi yang diberikan. Dalam kesempatan ini para peserta diberi kesempatan untuk praktek analisa protein menggunakan mesin Kjeldahl dan diwajibkan untuk memakai jas lab untuk faktor keamanan.

Workshop selama 2 hari ini ini sangat bermanfaat karena selain menambah wawasan mengenai alat analisa protein juga dapat meningkatkan jalinan relasi antara Program Studi Teknologi Pangan Universitas Ciputra dengan lembaga lain terkait bidang analisa bahan makanan dan minuman. Salam Entrepreneur!