Perkembangan Bisnis Era Globalisasi

Perkembangan Bisnis Era Globalisasi

(10/9) Masuknya pengaruh global turut mempengaruhi perkembangan bisnis di Indonesia. Untuk mempersiapkan para calon entrepreneur muda Indonesia dalam menghadapi tantangan di dunia bisnis masa kini, Universitas Ciputra (UC) mengundang DR. Bambang S. Pujantiyo seorang direktur eksekutif Ikatan Auditor Teknologi Indonesia (IATI) dan peneliti di bidang manajemen inovasi dan teknologi BPPT.

Dr Bambang S Pujantiyo di Universitas CIputra

Seminar yang dibawakan oleh Bambang ini berjudul Entrepreneur Berbasis Teknologi dan dihadiri oleh sekitar 300 orang mahasiswa/i. Dalam seminar berdurasi kurang lebih dua jam ini, Bambang membagikan pengamatan dan pengalamannya akan perkembangan bisnis di Indonesia. Bambang mengatakan bahwa semua bisnis di masa ini dapat menggunakan teknologi. Penggunaan teknologi pada perkembangan bisnis akan lebih efisien karena teknologi dapat memudahkan proses bisnis yang tengah berjalan. Bambang juga menambahkan bahwa tidak semua orang mampu menggunakan teknologi dalam bisnis mereka. Masih banyak sekali masyarakat yang masih belum memahami pentingnya teknologi atau masih belum menggunakan teknologi dengan maksimal.

Dr Bambang S Pujantiyo

Bambang juga turut memberikan contoh bisnis pengaplikasian teknologi yang disertai dengan inovasi. Menurut Bambang, inovasi itu memerlukan tiga tahapan. Tahap pertama adalah tahap meneliti. Tahap kedua adalah tahap meniru dimana dalam proses peniruan ini ada proses penambahan nilai. Sehingga jalanya proses inovasi adalah dimulai dengan meneliti dengan baik bisnis seperti apa yang hendak dijalankan lalu dimulai proses peniruan bisnis yang disertai dengan proses penambahan value untuk bisnis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *