Peka Terhadap Peluang Antar Yobo Terbang ke India

Peka Terhadap Peluang Antar Yobo Terbang ke India

Menjadi perwakilan dari Universitas Ciputra dalam ajang “Outstanding Student For The World 2017”, Yohanes Boho terbang dan menggali pengalaman menarik di India. Mahasiswa kelahiran Bintuni ini terpilih untuk mengikuti program yang dilaksanakan oleh Kementrian Luar Indonesia. Program tersebut diperuntukkan bagi generasi muda Indonesia yang berprestasi agar dapat memiliki kesempatan untuk mendukung dan ikut berperan dalam peningkatkan citra negara Indonesia.
Berkompetisi bersama 100 mahasiswa lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia, Yohanes Boho yang kerap disapa Yobo ini mencoba peruntungannya dengan mengirimkan Business Plan karyanya yang berjudul “Misagu”, dan hasilnya ia berhasil lolos tahap penyisihan. Tidak sampai disitu saja, Yobo melakukan seleksi tahap berikutnya dengan interview menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, hingga akhirnya namanya keluar sebagai perwakilan dari mahasiswa seluruh Indonesia bersama 11 mahasiswa lainnya yang berangkat menuju India pada tanggal 23 hingga 29 April 2017.
Opportunity, yang merupakan salah satu Spirit of Entrepreneurship, dapat ditangkap oleh Yobo dengan baik. Dalam Business Plan karyanya tersebut, ia mengangkat nama Papua di mana ia dilahirkan dan ia mengangkat potensi alam yang ada di sana. Menurutnya, hasil alam yang ada di Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan dijadikan bisnis.
“Adalah sebuah kebangaan tersendiri bagi saya ketika mendengar hasil bahwa saya lulus seleksi OSTW ini. Namun saya tetap bersyukur bahwa ini adalah bagian dari rencana Tuhan untuk masa depan saya,” ungkap Yobo. Banyak pengalaman baru yang Yobo dapatkan saat ia mengunjungi Kota Banglore, Pune dan Mumbay, seperti misalnya ia mendapatkan networking baru, mendapatkan wawasan mengenai pengembangan bisnis terutama di negara India, mempelajari bahwa pendidikan merupakan sebuah kunci utama kemajuan suatu bangsa, dan faktor yang memperkuat suatu hubungan masyarakat adalah budaya dalam masyarakat tersebut.
Tidak berpuas diri, hingga saat ini Yobo terus melakukan konsultasi dengan fasilitator Universitas Ciputra untuk bisnis Misagu yang segera akan ia jalankan, serta ia juga sudah berencana untuk membangun bisnis properti di Bintuni untuk meningkatkan tingkat perekonomian di mana ia lahirkan. (SIL/003)