Perpustakaan? Membosankan? Yakin?

Action, Romance, Horror, Thriller, Comedy, hingga documentary, manakah genre film kesukaanmu?. Kita terkadang akan mencari film yang sesuai dengan genre kita, tapi pernahkah kalian juga ingin untuk menonton film-film dengan latar tempat tertentu?. Terlepas dari genre film yang kita sukai atau tidak sukai, terkadang kita juga akan tetap menonton film tersebut karena film tersebut berlatar di suatu tempat yang kita inginkan. Sekolah contohnya, dengan adanya film yang berlatar di sekolah, maka biasanya kita akan menonton kehidupan para remaja entah itu horror, comedy, maupun genre lainnya. Nah, kali ini kita lihat bareng-bareng yuk beberapa film menarik yang berlatar di perpustakaan!.

Ketika kita mendengar kata perpustakaan, maka tidak jarang yang muncul di otak kita adalah film-film mengenai thriller atau sesuatu yang membosankan. Tapi tahukah kalian ada beberapa film terkenal yang juga menggunakan perpustakaan sebagai latarnya? Mari kita ulas bersama-sama ya!. Film pertama yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua, yaitu John Wick 3. John Wick 3 merupakan film yang sudah sangat terkenal dengan keahlian John Wick itu sendiri dalam membalaskan dendam kepada musuh-musuhnya. Jika diperhatikan, kita bisa lihat bahwa ada scene dimana John Wick harus pergi ke perpustakaan, yaitu New York Public Library dan mengambil foto dia dengan istrinya sendiri yang telah ia simpan di salah satu buku di perpustakaan. Namun disaat ia hendak mencari buku tersebut, musuhnyapun datang dan menyerang dia. Scene di perpustakaan ini merupakan salah satu scene yang sangat digemari oleh fans John Wick sendiri karena perkelahian yang dilakukan John Wick tidak pernah menjadi pertarungan yang biasa saja. Bayangkan, ia melawan musuhnya yang besar hanya dengan buku yang dipegangnya. Menarik bukan? Kalau kalian belum nonton John Wick 3 ini, sebaiknya kalian segera nonton deh! asik banget! Apalagi buat kalian yang pecinta film action nih!.

Kedua, kali ini kita akan mengulas salah satu film yang dibintangi oleh Nicolas Cage sebagai pemeran utamanya. Yup, National Treasure 2: Book of Secrets yang telah dirilis pada tahun 2007 ini juga merupakan salah satu film yang berlatar di perpustakaan loh!. Film ini  menceritakan tentang petualangan Ben Gates (Nicolas Cage) untuk mencari clue dalam suatu buku rahasia milik presiden di salah satu perpustakaan terbesar dunia, Library of Conggress. Hal ini bertujuan untuk membersihkan nama keluarga Gates yang dituduh bersekongkol untuk membunuh Presiden Lincoln beberapa tahun sebelumnya. Tetapi tidak hanya itu, ternyata buku tersebut menyimpan rahasia harta karun didalamnya. Namun ada satu masalah yaitu musuh Ben yang terus mengikutinya untuk menemukan harta karun tersebut. Wah, menarik bukan? Percampuran antara film petualangan dan action tentu tidak akan pernah membosankan bukan?.

Ketiga, The Shawshank Redemption. Jika kalian pernah melihat film ini, pasti kalian tahu film ini memiliki esensi yang sangat luar biasa!. Bahkan rating yang diterima oleh film ini tidak main main, yaitu 9,3/10 di IMDB dan 91% di Rotten Tomatoes. Dalam film ini, Andy Dufesne yang merupakan satu-satunya pria yang tidak bersalah di penjara Shawshank, membuat sebuah perpustakaan. Dari film ini kita dapat melihat kegigihan dan ketulusan Andry Dufesne dalam tekadnya untuk membuat perpustakaan tersebut. Ia terus menerus mengirim surat permintaan sumbangan dana dari otoritas lokal namun terus ditolak. Hal ini membuktikan betapa gigihnya seorang pustakawan baik di film maupun di kehidupan nyata. Mungkin beberapa dari kalian menganggap film ini akan membosankan karena merupakan film yang diproduksi pada tahun 1994 dan memiliki durasi yang cukup panjang, tapi percayalah, film ini tidak mengecewakan loh!

Keempat, siapa sih yang tidak mengenal dongeng Beauty and the Beast? Kisah live actionnya ditampilkan di bioskop layar lebar dan sempat menjadi film nomor 1 di dunia pada 2017 lalu. Kisah yang menceritakan Belle dan Beast ini tidak hanya sebuah perjalanan tanpa pelajaran, ada pelajaran yang dapat kita ambil dari tokoh Belle yang diperankan Emma Watson ini. Di film ini Belle adalah seorang yang sangat gemar membaca dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.

Saat semua perempuan pada zaman itu sibuk mencari pasangan seorang kaya dan mempercantik diri dengan make up secara berlebihan. Sedangkan Belle sibuk membaca buku-bukunya dan berimajinasi tentang dunia luar dari buku yang dia baca. Sebagai perempuan, Belle menunjukkan memiliki pengetahuan bukan lagi sebuah pilihan, tapi keharusan. Tampak adegan Belle begitu antusias membaca buku ketika berada di sekitar perkampungannya maupun ketika berada di perpustakaan megah milik Beast.

Gimana? Sudah tahu mau nonton apa sekarang? Mulai dari genre cinta hingga pembunuhan ternyata banyak juga loh yang menggunakan latar perpustakaan! Jadi jangan selalu mempunyai stigma bahwa perpustakaan itu sesuatu yang membosankan yah teman! Selamat menonton!

 

DAFTAR PUSTAKA

Currant, Sarah. (2016, September 2). The 10 best librarians on screen. Bfi.org.uk. Diakses di https://www2.bfi.org.uk/news-opinion/news-bfi/lists/10-best-librarians-screen. Pada 17 October 2020.

Unknown. (1994, 14 October). The Shawshank Redemption. Imdb.com. Diakses di https://www.imdb.com/title/tt0111161/. Pada 17 October 2020.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *