3rd KOMPETISI PADUAN SUARA UNIVERSITAS CIPUTRA

Info Juri 

Yosafat Rannu Leppong

Yosafat Rannu Leppong

Yosafat Rannu Leppong, conductor

Yosafat (1981) mendapatkan pelatihan conducting petama kali di bawah bimbingan Bapak Aris Sudibyo. Selanjutnya, secara aktif ia mengikuti seminar serta masterclass vocal, conducting, dan komposisi di bawah bimbingan Andre de Quadros, Wolfgang Zeeliger, Marcus LaPratt, Nathanael Ahimsa, Daud Kosasih, Jonathan Velasco, Aning Katamsi, Ananda Sukarlan, dan Avip Priatna. Yosafat mendapatkan pula pelatihan vokal dan conducting di bawah bimbingan Fritz Bosar Simangunsong. Yosafat juga pernah menjadi solis di beberapa konser bersama Concord Singers dan Gloria PPPK Petra. Pada tahun 2010 menjadi solis di Tembang Puitik Ananda Sukarlan yang diselenggarakan di Surabaya.

Yosafat pernah menjadi music director dan conductor dari Airlangga University Choir dan berhasil meraih beberapa prestasi baik dalam skala nasional maupun internasional pada beberap kompetisi sebagai berikut.

  1. Tahun 2010, mengikuti 24th Praga Cantat International Choir Competition  di Praha, Republik Ceko
  2. Tahun 2012, mengikuti 8th Varsovia Cantat, Warzawa, Polandia.
  3. Tahun 2015, mengikuti 14th International Choir Festival Tallinn, Estonia.
  4. Tahun 2017, mengikuti 3rd International Choral Competition Ave Verum Baden, Austria.

Saat ini, Yosafat aktif menjadi conductor dan music director dari Paduan Suara Gloria PPPK Petra dan Paduan Suara Universitas Ciputra Surabaya. Bersama paduan suara Universitas Ciputra, ia berhasil meraih gold diploma pada 9th Brawijaya Choir Festival tahun 2019 di Malang untuk kategori Mixed Choir.

Arvin Zeinullah

Arvin Zeinullah

Arvin Zeinullah bergabung di Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran, aktif sejak awal perkuliahan hingga lulus tahun 2002 dan meraih gelar Sarjana Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Komunikasi. Arvin melanjutkan studi magister Pendidikan Musik di Universitas Pendidikan Indonesia dan lulus tahun 2010.

Arvin saat ini aktif sebagai pelatih utama PSM Unpad sejak tahun 2001 dan pelatih utama PSM IPB Agria Swara sejak tahun 2003.
Arvin juga aktif sebagai dewan guru di pusat pendidikan musik vokal Jakarta, Gita Svara. Pengalaman mengajarnya di Rumah Musik Harry Roesli, Purwacaraka Music Studio, dan Cantabile Bandung memberi wawasan luas tentang pengajaran vokal.

Dalam perjalanan musiknya, Arvin berkesempatan menimba ilmu choir dengan menjadi penyanyi paduan suara di bawah arahan Avip Priatna, Twilite Chorus di bawah arahan Addie MS, Asian Youth Choir di bawah arahan Chifuru Matsubara, juga dibina oleh Catharina W Leimena sebagai pendidik vokal. Arvin pernah berkolaborasi sekaligus menimba ilmu dengan  Brady Allred di Choralies, Vaison La Romaine, dan kolaborasi Rundfunk Chor Berlin bersama Simon Hasley dan Nicolas Fink.

Kemampuan Arvin sebagai konduktor telah diapresiasi dalam berbagai penghargaan di berbagai kompetisi nasional dan internasional, di antaranya adalah sebagai Best Conductor di International Budapest Choir Competition di Hungaria, Rimini International Competition di Italia, International Habanera Choir Contest di Spanyol dan Bali International Choir Competition.

Melalui interpretasi musiknya pula, PSM Unpad dan PSM IPB Agria Swara meraih berbagai penghargaan khusus serta apresiasi dewan juri nasional dan internasional. Di antaranya  penghargaan-penghargaan untuk Best Program, interpretasi lagu wajib, serta berbagai interpretasi terbaik untuk lagu berbahasa Jerman.
Pada tahun 2019 ini, berkat 7 penghargaan dalam penampilan dan interpretasi musik, Arvin mengantarkan PSM Unpad menjadi paduan suara mahasiswa Indonesia pertama yang menembus European Grandprix for Choral Singing di Guido d’Arezzo Italia dan akan bersanding dengan juara lainnya di Debrecen, Hungaria 2020 mendatang.

Bersama Arvin, PSM Unpad dan PSM IPB Agria Swara dapat menjadi paduan suara mahasiswa di Indonesia yang berprestasi, berkualitas tinggi dan terus mengharumkan negeri.
Arvin merepresentasikan dirinya sebagai salah satu konduktor muda berbakat di paduan suara Indonesia.

Joseph Kristanto Pantioso

Joseph Kristanto Pantioso

Memulai pendidikan musik pada sekolah musik Yayasan Pendidikan Musik jurusan piano kemudian memulai pendidikan vokal pada sekolah musik yang sama dibawah bimbingan Ibu Catharina W. Leimena, Ibu Aning Katamsi dan Ibu Binu Sukaman.

Tahun 1994 memperoleh juara 1 Lomba Bintang Radio dan Televisi tingkat DKI, dan mewakili DKI untuk tingkat Nasional.

Tahun 2000 memperoleh penghargaan “Golden Artist Award” dari sekolah musik YPM. Tahun 2001 melanjutkan pendidikan musik pada Musikhochschule Freiburg – Jerman, dibawah bimbingan Pfof. Towako Sato- schoelhorn, Prof. Aziz Kortel dan Prof. H.P. Mueller. Tahun 2006 meraih gelar Diploma Keunstlerische Ausbildung Gesang (Master Vokal) dengan pendalaman Lagu Sastra (Arts Song/Lied) dan Oratorio.

Mengikuti Masterclass secara aktif pada Prof. Elizabeth Glauser, juga mengikuti Sommer Musik Akademie di Mozarteum – Salzburg pada tahun 2010 – 2016 berguru pada Prof. Rudolf Piernay dan Prof. Grace Bumbry dan Anna Tomowa Sintow.
Sebagai penyanyi aktif bekerjasama dengan para pianis dan dirigen (orkestra) dalam berbagai konser dan resital di Indonesia. Tahun 2008 mendirikan lembaga pendidikan musik “MUSICASA” di Jakarta bersama Tommy Prabowo.

Aktif sebagai juri dalam berbagi lomba paduan suara baik tingkat nasional maupun internasional. A.l Pesparawi Nasional di Samarinda dan Kendari, Penabur international Choir festival, Brawijaya Choir festival, Unair Choir festival, Satya Dharma Gita Choir festival, lomba paduan suara ITB, Pesparani Nasional di Ambon dll.
Juga sebagai nara sumber pada berbagai workshop dan klinik paduan suara dan pemazmur, baik di paroki maupun tingkat keuskupan.

PELAKSANAAN KEGIATAN

3rd Kompetisi Paduan Suara Universitas Ciputra akan diselenggarakan pada 16 – 19 April 2020, berlokasi di Auditorium – Lantai 7 Universitas Ciputra,  UC Town Citraland Surabaya – Jawa Timur

 

KATEGORI

3rd Kompetisi Paduan Suara Universitas Ciputra 2020 terdiri dari 4 (satu) kategori yaitu :

  1. Kategori Paduan Suara Anak ( PSA )
  2. Kategori Paduan Suara Remaja A ( PSR A )
  3. Kategori Paduan Suara Remaja B ( PSR B )
  4. Kategori Paduan Suara Dewasa Campuran ( PSDC )

 

BABAK

3 rd Kompetisi Paduan Suara Universitas Ciputra 2020 terdiri dari 2 (satu) babak yaitu :

  1. Babak Penyisihan : diikuti oleh seluruh peserta
  2. Grand Champion : diikuti oleh peserta terbaik dari setiap kategori

 

PESERTA

Setiap kategori akan dibatasi jumlah peserta yang akan lolos seleksi audio dan setiap peserta beranggotakan 25 – 40 orang penyanyi

 

JADWAL KEGIATAN

Kegiatan

Jadwal

Pendaftaran Gelombang I

19 November 2019 – 31 Desember 2019

Pendaftaran Gelombang II

1 Januari 2020 – 9 Februari 2020

Pengumuman Seleksi Audio

23 Februari 2020

Pengumpulan Berkas Administrasi

23 Februari – 21 Maret 2020

Technical Meeting

28 Maret 2020

Uji Coba Panggung

16 April 2020

Kompetisi Paduan Suara : Kategori PSA dan PSR B

17 April 2020

Kompetisi Paduan Suara : Kategori PSR A dan PSDC

18 April 2020

Grand Champion, Meet the Juries, Awarding Night

19 April 2020

 

JURIES

  1. Yosafat Rannu Leppong
  2. Arvin Zeinullah
  3. Joseph Kristanto Pantioso

 

HADIAH DAN PENGHARGAAN

Pemenang tiap kategori pada babak penyisihan :
Rp. 1.500.000,-

Pemenang Grand Champion :
Rp. 10.000.000,-

Sertifikat Diploma dan Medali :
Gold : skor 80 keatas
Silver : skor 70.00 – 79.99
Bronze : skor < 69.99

 

Penghargaan Khusus

Penghargaan khusus merupakan penghargaan yang diberikan tim juri kepada:

  • Best young conductor, dirigen yang berusia di bawah 30 tahun terhitung dari hari kompetisi
    berlangsung (Rp. 1.000.000,-)
  • Best programme, paduan suara yang membawakan pilihan lagu terbaik sesuai dengan penilaian
    tim juri. Penghargaan ini ditujukan khusus kategori PSR A, PSR B dan PSDC. (Rp. 1.000.000,-)
  • Best Interpretation of compulsary piece, paduan suara dengan interpretasi lagu wajib terbaik sesuai dengan penilaian tim juri. Penghargaan ini ditujukan khusus kategori PSA. (Rp.1.000.000,-)