Kegiatan ABDIMAS Fakultas Manajemen & Bisnis Universitas Ciputra

Kegiatan ABDIMAS Fakultas Manajemen & Bisnis Universitas Ciputra

Kegiatan ABDIMAS (Pengabdian Masyarakat) berawal dari kebutuhan KPSP Setia Kawan akan peningkatan capaian koperasi dalam kompetisi dunia bisnis yang semakin ketat. Adanya kebutuhan tersebut menjadi kesempatan bagi FMB UC (Fakultas Manajemen & Bisnis Universitas Ciputra) untuk memberikan pelatihan di BAKATKOP Karanglo Malang dimana materi dan konsep pelatihan dirancang sesuai dengan kebutuhan Koperasi yakni untuk memberikan hard skill dan softskill yang terkait dengan pembangunan karakter Jati diri Koperasi, kepemimpinan, Manajerial, Komunikasi serta percaya diri.

Pokok materi dalam pelatihan tersebut :

1. KPSP Setia Kawan memulai peningkatan kapasitas dari aspek SDM dimana karyawan koperasi yang diberikan pelatihan dalam bentuk pelatihan hard dan soft skill. Pelatihan terhadap karyawan dibagi menjadi 3 gelombang hal ini dikarenakan koperasi tetap harus oprasional sehingga SDM harus di bagi menjadi 3 shiift. Peserta mendapat pelatihan di di BAKATKOP Karanglo Malang. Pelatihan kepada karyawan pada setiap gelombangnya dalam 2 hari (Jumat dan sabtu) dengan waktu efektif pukul 08:00 – 22:00 Wib. Setiap peserta diberikan materi dan simulasi sehingga karyawan memiliki keahlian, karakter dan rasa memiliki yang tinggi terhadap koperasi.

2. Program pelatihan kedua diberikan kepada para ketua kelompok peternak. Ketua kelompok peternak diberikan pelatihan dengan maksud dapat memberikan pengaruh positif kepada anggota kelompok di lapangan. Materi yang diberikan kepada ketua kelompok peternak terkait: etos kerja, prinsip dasar koperasi, komunikasi dan karakter. Materi yang diberikan kepada para ketua kelompok diisi dengan diskusi dan simulasi yang membuat peserta menjadi proaktif saat mengikuti pelatihan. Sebaran usia peserta pelatihan 30 – 55 tahun yang mayoritas adalah pria. Hal yang menarik dari pelatihan ini perbedaan usia justru membuat peserta saling mengisi dan memahami potensi satu dengan yang lainnya. pelatihan program ke dua di BAKATKOP Karanglo Malang selama 2 hari (Jumat dan Sabtu) pada bulan Feb 2016.

3. Program pelatihan ke tiga adalah khusus bagi karyawan Ritel (supermarket) miliki KPSP Setia Kawan. Pelatihan ini dilaksanakan di KPSP Setia kawan selama 2 hari di bulan Maret 2017. Peserta pelatihan adalah karyawan supermarket. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan omset dari supermarket. Materi pelatihan yang diberikan berupa tata layout supermarket, service excellent, komunikasi dan membangun karakter yang baik dalam sebuah tim.

Achievement ABDIMAS KPSP Setia Kawan dengan FMB-UC :

1. Jumlah produktifitas dari 60.000 liter perhari susu meningkat menjadi 108.000 liter per hari
2. Omset minimarket dari 100 juta/bulan menjadi 400.000.000/bulan
3. Omset total koperasi meningkat sebesar +/- 50%
4. Kinerja karyawan semakin optimal
5. Rasa kekeluargaan pada karyawan dan anggota koperasi semakin erat.

Capaian ini diakui oleh ketua umum koperasi KPSP Setia kawan pada saat RAT bulan Februari 2017 di depan wakil gubernur, jajaran bupati dan dinas terkait. Dengan program ABDIMAS FMB UC maka koperasi merasakan buah manis yang mengalir kepada peningkatan pendapatan seluruh anggota. Bahkan, Koperasi KPSP meminta kesedian FMB UC untuk melanjutkan pelatihan tahap 2 dengan tujuan mengawal koperasi KPSP menjadi pemimpin di ASIA. Semua kegiatan ini tidak terlepas dari Anugrah Tuhan yang memberkati kegiatan dari awal dan akhir . Dukungan dari dosen FMB yang memberikan seluruh ilmu sesuai keahlian masing-masing dengan ditambahkan semangat ketulusan membantu KPSP. Universitas Ciputra juga memberi dukungan dalam bentuk sarana transportasi yang digunakan oleh para dosen FMB ketika melakukan ABDIMAS.